Interaksi Generasi Selfie dan Karya Seni di ArtJog 8

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2015 09:10 WIB

Yogyakarta, CNN Indonesia -- Pameran karya seni ArtJog diselenggarakan sepekan silam di Taman Budaya Yogyakarta. Kali ini, diselenggarakan demi merangkul generasi selfie.

Karya Agus Iswahyudi yang berjudul Jasa Design Cepat dalam pameran ArtJog 2015. Pameran tahun ini bertema Infinity in Flux, agar seniman dan penonton bisa berinteraksi melalui karya seni yang dipamerkan. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Heri Dono yang berjudul Fermentation of Nose dalam pameran ArtJog 2015. Dikatakan salah satu kurator, Bambang Toko, ArtJog 8 menampilkan 103 karya dari 87 seniman dari dalam dan luar Indonesia. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Prison Art Program yang bertajuk Atas Nama Daun dalam pameran ArtJog 2015. AngkI Pu, salah satu seniman dalam kelompok Prison Art Program mencoba merangkum memori lewat dedaunan yang ditemukannya di dalam dan luar penjara. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Angki Pu yang bertajuk Legalizel Illegal dalam pameran ArtJog 2015. Selain dengan Prison Art Program, Angki juga memamerkan karya berupa kompilasi foto sang kekasih yang diterimanya melalui smartphone saat masih di penjara. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Malcom Smith yang berjudul AutoMata. Karya ini ramai dirubungi oleh pengunjung untuk berfoto karena mata-mata yang dipajang mampu bergerak.
Karya Wimo Ambala Bayang yang bertajuk Belajar Membaca dalam pameran ArtJog 2015. Belajar sambil bermain, mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan oleh sang seniman.
Karya Yoko Ono dalam pameran ArtJog 2015. Nama besar seperti Yoko Ono, janda mendiang personel The Beatles, John Lenon, juga didaulat ArtJog 8 untuk memamerkan karya-karya seninya dalam perhelatan tahun ini. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Yoko Ono dalam pameran ArtJog 2015. Yoko bergabung dengan gerakan kesenian bernama Fluxus yang diprakarsai oleh George Maciunas pada akhir tahun 50-an di New York. Fluxus menolak seni yang elit dan ingin seni bisa dinimkati masyarakat luas. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Entang Wiharso yang berjudul Memorial Landscape #2 dalam pameran ArtJog 2015. Selain lukisan I Nyoman Masriadi yang berjudul Shangrila, karya milik Entang ini banyak dikagumi oleh pengunjung dalam dan luar negeri. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Mark Justiniani yang berjudul Mimefield dalam pameran ArtJog 2015. Melongok ke lantai Taman Budaya yang digali dalam, kengerian langsung terasa. Namun di balik kekaguman pengunjung, ternyata Mark melakukan sebuah ilusi untuk karya seninya. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Karya Hendra Priyadhani dan Rendermen Video dengan judul Assemblage dalam pameran ArtJog 2015. Penggunaan barang bekas nyatanya juga mampu menjadi karya seni yang indah.