'Single,' Kerepotan Raditya Dika Melepas Status Jomblo

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2015 19:54 WIB
Raditya Dika (CNNIndonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengalaman sebagai jomblo akut tak membuat Raditya Dika stres, sebaliknya malah kreatif. Ia mencurahkan pengalaman tidak memiliki pasangan dalam kurun waktu lama dalam film Single.

Bermula dari obrolan antara Dika dengan Sunil Soraya, selaku produser Soraya Film, akhirnya tercetus ide menggarap sebuah film komedi romantis yang menceritakan kegelisahan para jomblo.

"Film ini merepresentasikan kegelisahan para jomblo di Indonesia," ujar Dika ketika menghadiri jumpa pers di Jakarta, pada Senin (9/11).


Dalam film tersebut, Dika berperan sebagai Ebi, pria jomblo yang tak tinggal bersama orang tua, melainkan indekos. Ebi sangat ingin memiliki seorang kekasih, namun selalu ada saja hal-hal yang menghalangi niatnya.

Meski tak punya kekasih, bukan berarti Ebi kesepian. Ebi masih punya dua teman yang berbaik hati menjadi "mentor" untuk urusan mencari pacar, yakni Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita).

Suatu hari, di indekosnya, Ebi bertemu seorang wanita cantik bernama Angel (diperankan oleh Annisa Rawles). Ebi pun langsung jatuh cinta kepada Angel yang ramah dan tidak sombong.

Dengan bantuan kedua temannya, Wawan dan Victor, Ebi berusaha mendekati Angel. Namun lagi-lagi upaya Ebi mentok, lantaran Angel memiliki "abang" fiktif (diperankan oleh Chandra Liow).

Kerepotan Ebi merebut hati Angel kadang memilukan, namun kadang juga menggelikan. Ebi yang cupu selalu gugup dan salah tingkah di hadapan Angel. Ia pun kerap salah menyerap "ajaran" dari Wawan.

Selain "kegilaan" yang mengundang tawa, daya pikat Single juga terletak pada keindahan lokasinya. Soal ini, Sunil beralasan, "Kami ingin menunjukkan keindahan alam pulau Bali melalui film ini."

Dika pun menambahkan, "Tentu ada banyak adegan yang menggambarkan Bali yang sangat indah. Kami tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menampilkan keindahan Bali karena pulau itu menjadi bagian dari film ini."

Untuk menyelesaikan naskah film Single ini, Dika mengaku membutuhkan waktu delapan bulan. "Jadi naskah film Single ini adalah yang terlama yang saya buat, jika dibandingkan dengan film-film saya yang lainn," katanya.

Sejauh ini, sang pria berumur 30 tahun sudah memiliki enam film, antara lain Malam Minggu Miko, Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Cinta Brontosaurus, Cinta dalam Kardus dan Malin Kutang.

Selanjutnya, untuk masalah scoring dan soundtrack, pihak Single menunjuk grup band Geisha dan D'Masiv meramaikan beberapa adegan film tersebut.

Film yang juga diramaikan oleh mantan Puteri Indonesia 2014 dari Jawa Timur, Elvira Devinamira, ini dapat disaksikan di bioskop-bioskop di Indonesia mulai 12 November 2015 mendatang.

[Gambas:Youtube]


(vga/vga)