Perancang Batmobile Wafat Akibat Kanker

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Selasa, 10/11/2015 18:52 WIB
Dua pekan sebelum merayakan ulang tahun ke-90, George Barris tutup usia setelah berjuang melawan kanker. Batmobile (CNNIndonesia GettyImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- George Barris, sosok jenius di balik mobil-mobil Hollywood seperti Batmobile, mengembuskan napas terakhir dua pekan sebelum berulang tahun ke-90 pada 20 November 2015.

Menurut Bret Barris, ayahnya, yang berjasa merancang Batmobile dan Koach di The Munster, wafat di rumah di Los Angeles, Amerika Serikat, setelah berperang melawan kanker.

Selain film Batman dan The Munster, mobil-mobil rancangan Barris juga digunakan dalam film Hollywood lain, seperti Knight Rider dan Beverly Hillbillies.


Ada cerita menarik di balik sejarah terciptanya mobil Batmobile yang terkenal itu. Pada tahun 1955, Barris membeli sebuah mobil sedan dengan harga US$1 atau setara dengan Rp13 ribu.

Lalu, dengan dana sebesar US$15 ribu, ia menyulap sedan rongsok itu menjadi mobil pendamping setia Batman. Barris menyelesaikan Batmobile hanya dalam kurun waktu dua minggu.

Dua tahun silam, seperti dilansir dari laman Reuters, Batmobile berhasil terjual di sebuah acara pelelangan dengan harga  sangat tinggi, yakni US$4 juta atau setara Rp54 triliun.

Karier Barris dimulai ketika masih mengenyam pendidikan di sekolah menengah. Kala itu, ia membuka sebuah toko modifikasi mobil yang ia namakan Kustoms Car Club.

Mobil-mobil rancangan Barris berbeda dibandingkan perancang lainnya. Seringkali Barris mengadaptasikan rancangan inovatif yang membuat mobilnya dilirik banyak orang, termasuk sineas Hollywood.

Tidak sedikit jumlah selebriti Hollywood yang telah menunggangi mobil ciptaan Barris, sebut saja si kekar Sylvester Stallone dan si kocak Jay Leno.

(vga/vga)