David Bowie Rahasiakan Penyakit Selama 18 Bulan

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Senin, 11/01/2016 19:18 WIB
David Bowie Rahasiakan Penyakit Selama 18 Bulan Satu-satunya momen Bowie terlihat sakit saat konser di Jerman pada 2004. Ketika itu ia pingsan di atas panggung kemudian menjalani operasi jantung. (REUTERS Jim Bourg/Files)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak banyak yang tahu kalau David Bowie telah berjuang melawan penyakit kanker sejak 18 bulan yang lalu. Kabar tersebut dikemukakan pihak manajemen dalam berita duka si Ziggy Stardust di akun Facebook pada Minggu (10/1).

Sang anak yang kini berkarier sebagai sutradara film, Duncan Jones, merasa sangat kehilangan sosok ayahnya yang menemaninya selama 69 tahun.

"Meski masih bersedih saya ingin mengatakan kalau berita duka ini benar. Saya akan undur diri untuk beberapa saat. Salam cinta untuk semua," tulis Jones dalam cuitan di akun Twitter-nya.


Sebelum meninggal, Bowie merilis album musik ke-29 yang bertajuk Blackstar pada Jumat (8/1). Pada tanggal tersebut, Bowie juga sedang berulangtahun.

Selain kabar soal karya, Bowie memang tidak pernah memberi kabar soal kesehatannya.

Dilansir Mirror pada Senin (11/1), Bowie terakhir kali terlihat berada di Theatre Workshop, New York untuk mengecek kesiapan panggung teater bertajuk Lazarus yang kisahnya diangkat dari lagu-lagu album barunya.

Meski terlihat kurang sehat, tapi Bowie masih menyempatkan diri berfoto dan menyapa penggemar yang menunggunya di luar gedung teater.

Satu-satunya momen Bowie terlihat sakit ialah saat konser di Jerman pada 2004. Ketika itu ia pingsan di atas panggung rangkaian tur Reality. Kemudian ia diterbangkan dengan helikopter menuju rumah sakit terdekat untuk menjalani operasi jantung

Bowie memang sempat menjadi perokok dan pecandu narkoba.

Karena kebiasaan buruknya itu, pada 2013 ia pernah didiagnosa menderita penyakit Alzheimer.

Padahal para sahabat, termasuk rekan kolaborasinya, Tony Visconti, tidak pernah merasa kesehatan Bowie menurun.

"Ia masih segar bugar. Ia malah terlihat lebih sehat. Sel otaknya tidak pernah menua," kata Visconti kepada Telegraph.

"Ia hanya pernah menjalani operasi jantung. Ia telah sembuh. Tidak mungkin ada orang sakit yang mampu berkarya hingga sejauh ini," lanjutnya.

Sepanjang hayatnya, Bowie menikah dua kali, dengan Angela Bowie pada 1970-1980 dan Iman pada 1992 hingga saat ini.

Iman, yang berkarier sebagai super model, belum memberikan komentar apapun terkait wafatnya sang suami.

Hanya saja pada Sabtu (9/1), ia menulis cuitan bernada resah.

"Perjuangan terasa nyata, begitu juga dengan Tuhan," tulisnya.

Bersama Iman, Bowie memiliki anak bernama Alexandria yang kini berusia 15 tahun.

Dengan Angie, Bowie sempat merintis karier di awal. Angie pula yang membantu Bowie membangun perusahaan rekaman dan mengarang alter-ego bernama Ziggy Stardust pada 1972.

"Di balik panggung saya robot, di atas panggung saya memiliki emosi. Mungkin karena telah berganti baju dari David menjadi Ziggy," kata Bowie semasa hidupnya.

Sepanjang kariernya, Bowie telah merilis 27 album musik, delapan album rekaman langsung dan sepuluh album kompilasi.

Salah satu karyanya yang popular berjudul Space Oddity dan menjadi lagu tema film The Secret Life of Walter Mitty yang dibintangi oleh Ben Stiller dan Kristen Wiig.

[Gambas:Youtube] (ard/ard)