Amy Winehouse 'Kembali' ke Panggung Grammy Awards

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2016 08:10 WIB
Amy Winehouse 'Kembali' ke Panggung Grammy Awards Dokumenter tentang Amy Winehouse menang di Grammy Awards 2016. (Dan Kitwood/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nyaris tak terasa, sudah enam tahun lalu Amy Winehouse memboyong piala Grammy Awards. Saat itu, ia memenangi lima penghargaan sekaligus, termasuk Rekaman Tahun Ini dan Lagu Tahun Ini.

Tahun 2008 itu Winehouse bagai Ratu Musik. Ia juga menjadi Artis Pendatang Baru Terbaik, Penampil Vokal Pop Wanita Terbaik, Album Vokal Pop Terbaik.

Kini, Winehouse seperti kembali berada di panggung Grammy Awards 2016, yang tengah diselenggarakan di Staples Center Los Angeles. Film dokumenter tentangnya, Amy memenangi piala Grammy lain.


Amy bersinar untuk kategori Film Musik Terbaik, mengalahkan Mr Dynamite: The Rise of James Brown, Sonic Highways, What Happened, Miss Simone?, dan The Wall. Semua film tentang musisi.

Penghargaan untuk Amy di Grammy Awards, hanya selang satu hari setelah Asif Kapadia juga maju ke atas panggung menerima penghargaan BAFTA. Amy memenangi penghargaan Dokumenter Terbaik.

Pada Academy Awards yang digelar 28 Februari mendatang, Amy juga akan bersaing dengan fim dokumenter lain untuk memenangi Piala Oscar.

Amy bercerita tentang kehidupan Winehouse, yang meninggal karena alkohol pada 2011. Ia termasuk musisi yang meninggal pada usia 27 tahun. Kesuksesan Winehouse pada Grammy Awards 2008, mendapat porsi besar dalam film Amy.

Kapadia tidak hadir dalam Grammy Awards di Staples Center. Mengutip The Guardian, ia menerima penghargaannya lewat satelit. Kapadia sendiri sedang berada di London karena tak dapat visa ke Amerika untuk menghadiri Grammy secara langsung.

Meski begitu, pidato kemenangan Kapadia tetap menyentuh. Lewat kesempatan itu ia menyampaikan Winehouse pernah berkata padanya suatu malam, "Membosankan tanpa obat-obatan." (rsa/rsa)