Harga Selangit Selebriti di Pergelaran Busana

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2016 02:00 WIB
Harga Selangit Selebriti di Pergelaran Busana Lady Gaga saat menghadiri pergelaran busana Saint Laurent di Amerika. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang pergelaran busana biasanya tidak hanya diramaikan para model dan sosialitas. Selebriti kelas A pun sering terlihat memenuhi kursi terdepan menyaksikan model berlenggak-lenggok memamerkan karya terbaru perancang mereka.

Tak jarang Beyonce, Rihanna, Kim Kardashian, atau wajah familier lainnya duduk anggun menonton lalu lalang model.

Namun baru saja diungkap Daily Star, kehadiran selebriti di pergelaran busana itu ternyata tidak cuma-cuma. Selebriti kelas A bisa dibayar sampai 75 ribu poundsterling atau Rp1,4 miliar untuk kehadiran mereka di peragaan busana ternama.


Kalau pun pembayaran itu tidak diakui sebagai "sogokan" untuk kehadiran selebriti, tren menghadirkan mereka sebagai salah satu bentuk promosi yang efektif, sudah menyebar luas di kalangan para perancang busana di banyak negara.

Itu diakui salah satu perancang, Jeff Banks. Ia mengatakan, "Itu sudah berlangsung selama 25 tahun. Hari-hari ini, 'merekrut' selebriti adalah bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran label-label busana yang besar dan terkenal."

Itu bisa dengan memberi mereka busana untuk digunakan di karpet merah, atau mengundang mereka datang di baris terdepan pergelaran busana.

"Itu mahal, tapi beberapa label akan berpikir itu adalah uang yang layak untuk dikeluarkan," kata Banks melanjutkan. Ia beranalogi, itu jumlah yang sebanding seperti membayar brand ambassador.

"Dan jika Anda mau membayar Charlize Theron sebesar 1,3 juta poundsterling atau Rp24,5 miliar untuk mengiklankan parfum, kenapa tidak menerapkan hal yang sama untuk mendapatkan ulasan dalam peragaan busana?" kata Banks lagi.

Mantan kekasih Pangeran Harry misalnya, Cressida Bonas, dikabarkan menerima pembayaran ribuan poundsterling dari merek tas tangan Mulberry untuk hadir dalam sebuah pestanya di Hollywood. Belum lagi selebriti atau penyanyi kelas atas yang populer.

Dalam pagelaran Topshop Unique di London Fashion Week yang menghadirkan supermodel Karlie Loss dan Jourdan Dunn, terlihat aktris Suki Waterhouse di kursi penonton, juga Lottie saudari model Kate Moss.

Menurut ahli fesyen yang berbasis di Amerika Serikat, Lori Levine, selebriti yang tepat untuk sebuah pergelaran bisa berdampak bagus dan dahsyat bagi merek tertentu. Kini, katanya menambahkan, penyelenggaraan pagelaran busana sangat mahal.

"Memproduksi pertunjukan semacam ini membutuhkan biaya 70 ribu sampai 350 ribu poundsterling (Rp1,3 miliar sampai Rp6,6 miliar). Jika Anda mengeluarkan uang sebanyak itu, seringnya biaya termasuk memastikan kehadiran selebriti." (rsa/vga)