Borok Pelecehan Seksual di Balik Gemerlap Hollywood

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 19/05/2016 10:27 WIB
Borok Pelecehan Seksual di Balik Gemerlap Hollywood Chloe Sevgny (Robin Marchant/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hollywood terlihat gemerlap dari kejauhan. Namun di dalamnya, industri perfilman yang menjadi kiblat dunia itu ternyata juga penuh borok. Masalah di Hollywood bukan hanya diskriminasi gender, ras, dan LGBT.

Chloe Sevigny baru saja mengungkap fakta menyakitkan lain soal Hollywood. Dalam panel Variety di Cannes Film Festival 2016, pada Rabu (18/5) ia mengungkapkan, Hollywood juga sarangnya pelecehan seksual.

Menurut sang aktris, setidaknya ada tiga sutradara besar yang pernah melewati batas saat sesi pemilihan pemerang (casting). Tidak jarang, kelewat batas itu menyerempet masalah seksual. Ia sendiri pernah mengalaminya.


"Saya pernah ditanya, 'Apa rencana Anda setelah ini?' Saya juga pernah ditanya, 'Apakah Anda mau belanja dan mencoba baju?' Atau 'Saya bisa membelikan Anda sesuatu di ruang ganti baju.' Itu bahkan melewati batas aneh," kata Sevigny bercerita, dikutip Ace Showbiz.

Bukan hanya itu, sang aktris yang kini menyutradarai film Kitty juga pernah ditantang terang-terangan bugil.

Seorang sutradara pernah memintanya, "Anda harus memamerkan tubuh lebih banyak. Anda tidak bisa menunggu sampai seusia aktris ini untuk telanjang di dalam film, Anda harus bugil sekarang," seperti ditirukan Sevigny.

Dalam film-filmnya, Sevigny memang pernah beradegan seksual. Misalnya dalam Kids dan The Brown Bunny. Namun ia tidak mendapat banyak peran lain. Sevigny yakin, itu lantaran ia sering menolak "ditelanjangi."

Aktris 41 tahun ini yakin, apa yang pernah dialaminya pasti masih akan terjadi sampai generasi-generasi di bawahnya. Terutama bagi selebriti-selebriti baru. "Jika Anda masih muda dan menarik, dan sangat ingin main film, itu mungkin menggiurkan. Tapi saya harap tidak."

Meski begitu, Sevigny masih menilai pemaparannya itu wajar. Ia bahkan tak mau menyebutnya sebagai pelecehan seksual. "Bagi saya, itulah Hollywood," ujarnya ringan. Pelecehan seksual hanya merupakan garis batas yang terlalu kaku baginya.

Pelecehan seksual di dunia selebriti sudah bukan barang langka. Sebut saja kasus yang belakangan mencuat, tentang Bill Cosby dan Kesha versus Dr. Luke. (rsa/vga)