Leonardo DiCaprio Tak Tertarik Memerankan Jalaluddin Rumi

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 01/07/2016 09:38 WIB
Hingga saat ini Leo belum didekati penulis naskah maupun produser untuk ikut bermain dalam biopik Rumi. Kalau pun diajak, ia akan menolak. Leonardo DiCaprio akan menolak peran Rumi. (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Oscar yang didapat Leonardo DiCaprio awal tahun ini hanya pengakuan formalitas atas kemampuannya berakting. Kiprah Leo sudah tak perlu ditanyakan lagi. Mulai seorang pencinta putus asa di The Great Gatsby sampai seorang petarung beruang dalam The Revenant.

Dengan aktingnya yang selalu memukau, tak heran jika penulis naskah David Franzoni dan produser Stephen Joel Brown ingin meminangnya sebagai pemeran Jalaluddin Rumi.

Itu sempat memunculkan kontroversi, terutama di dunia maya. Netizen, terutama penggemar Rumi tidak mau sufi puitis asal Persia itu diperankan oleh seorang selebriti Kaukasian. Mereka yang tidak setuju membuat tagar #RumiWasntWhite dan meramaikan Twitter.


Apalagi Rumi adalah seorang Muslim, dan Leo tidak memenuhi syarat itu.

Namun reaksi itu mungkin bisa dibilang agak berlebihan. Karena ternyata keinginan yang dilontarkan Franzoni dan Brown untuk merekrut Leo sebenarnya baru sebatas mimpi. Tidak jarang pembuat film menaruh nama Leo di paling atas daftar aktor yang diincar untuk film.

Mengutip The Hollywood Reporter, sumber dalam menegaskan bahwa hingga saat ini bahkan tim produksi film belum ada yang menghubungi sang bintang Titanic untuk memintanya bermain. Padahal Franzoni dan Brown menyebutkan, mereka berharap syuting dimulai tahun depan.

Tapi kalau pun Leo akhirnya akan didekati dan diajak menjadi Rumi, menurut sumber dekat sang aktor, “Tanpa mengurangi rasa hormat dia tidak akan terlibat dalam proyek itu.”

Leo belum punya proyek film jelas yang akan dikerjakannya. Namun ada rumor ia terkait dengan film yang sedang dikerjakan Ben Affleck, Live by Night atau film lain bergenre horor-thriller yang berjudul Delirium. Di IMDb, Leo belum punya proyek lain yang tengah dikerjakan, tahap pascaproduksi, atau segera dirilis, setelah The Revenant.

Selain menyebut nama Leo, Franzoni dan Brown juga sempat berpikir untuk mengajak Robert Downey Jr. memerankan sahabat Rumi. Namun seperti halnya Leo, itu baru sebatas mimpi.

Franzoni, yang akan menulis naskah untuk Rumi dikenal saat membuat Gladiator. Kali ini ia memuat biopik tentang ‘Shakespeare dari Turki,’ yang disebutnya akan mengubah citra karakter Muslim di perfilman. Franzoni dan Brown menyebut, mereka ingin mengenalkan kisah hidup Rumi—yang populer di Amerika—kepada generasi muda yang mencintai puisi-puisinya.

Untuk itu Franzoni dan Brown sudah menyelami kisah Rumi. Mereka bahkan mendatangi makam Rumi nan indah di kota Konya, Turki. Franzoni menerangkan, filmnya nanti akan diawali prolog tentang kepindahan Rumi dari tanah kelahirannya dan hidup bak imigran di masa kini. (rsa/rsa)