Desainer Fesyen Usung Pameran Seni Provokatif

Rahman Indra, CNN Indonesia | Jumat, 09/09/2016 08:34 WIB
Desainer Fesyen Usung Pameran Seni Provokatif Desainer fesyen J.W. Anderson mengeksplor kreativitasnya dengan menghadirkan pameran seni yang provokatif. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kreativitas desainer fesyen tidak melulu soal desain busana atau aksesori, begitulah kira-kira yang dialami desainer J.W.Anderson.

Kerap menampilkan koleksi busana yang bias gender di  hampir setiap pagelarannya, Anderson berencana akan menggelar pameran seni bertajuk 'Disobedient Bodies' di galeri The Hepworth, Inggris, pada musim semi yang akan datang.

Pameran ini menampilkan karya yang menjadi persimpangan antara seni modern, fesyen dan seksualitas.


Dikutip dari Guardian, Anderson dalam rilis resminya menyebutkan, "Saya ingin pameran ini  menjadi cermin akan apa yang terjadi hari ini ketika kita sering dilumat oleh beragam gambar yang melintas dengan cepat, di samping mengeksplor gagasan akan identitas dan gender yang selama ini menjadi proses kreatif saya dalam berkarya."

Ruang-ruang galeri The Hepworth akan dibagi dalam beberapa aspek sesuai dengan visi kreatif Anderson. Di antaranya, salah satu ruang akan menampilkan inspirasi di balik koleksi busana pria ikoniknya pada Autumn Winter 2013 lalu, dengan beberapa item seperti busana dari bahan kulit dan sarung tangan Marigold.

Koleksi lainnya akan menampilkan sejumlah karya yang juga menjadi inspirasi Anderson dalam desain busana, seperti fotografi karya Jamie Hawksworth dan Alistair McClellan.

Di luar itu, pameran ini akan menampilkan sejumlah karya seni Sarah Lucas, Barbara Hepworth dan Louise Bourgeois serta koleksi busana dari Dior, Comme Des Garcon dan lainnya.

Sementara, di bagian tengah galeri, Anderson akan menempatkan seni instalasi yang ia desain sendiri.

Pameran ini menjadi unik, karena Anderson tidak hanya menampilkan proses di balik layar penciptaan koleksi busananya, tapi juga sejumlah gagasan yang tak biasa, seperti, desain perangko mikro dan kolaborasi bersama rapper A$AP Rocky dalam sebuah gambar yang terinspirasi dari film Blaxploitation.

Pameran 'Disobedient Bodies: J.W.Anderson' akan berlangsung di galeri The Hepworth, Wakefield dari 18 Maret 2017. (rsa)