Kanye West Boikot Grammy jika Frank Ocean Tak Dapat Nominasi

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 24/10/2016 07:25 WIB
Kanye West ingin Frank Ocean dengan dua karya barunya, Blonde dan Endless mendapat nominasi di Grammy Awards 2017. Kanye West mengancam tidak akan datang Grammy Awards demi Frank Ocean. (REUTERS/Eduardo Munoz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kanye West menjadi salah satu tamu paling ditunggu dalam ajang penghargaan musik. Ia hampir selalu punya gimmick yang membuat orang tertarik. Ujung-ujungnya, tayangan itu jadi punya banyak penonton.

Lihat saja MTV Video Music Awards, di mana Kanye menyela dan menyindir pidato kemenangan Taylor Swift. Konflik Kanye dengan Swift kemudian berlanjut ke dunia nyata, bahkan sampai bertahun-tahun kemudian.

Namun rating acara itu jadi meningkat. Belakangan, Kanye bahkan diberi slot khusus, beberapa menit di mana ia bebas bicara apa pun.


Kini Kanye 'menekan' penyelenggara Grammy Awards, ajang penghargaan tertinggi di bidang musik. Ia baru saja bersumpah tidak akan menghadiri acara itu jika keinginannya tak dituruti. Kanye meninta satu nominasi.

Uniknya, nominasi itu bukan untuk dirinya sendiri. Mengutip The Hollywood Reporter, sang suami Kim Kardashian justru berjanji takkan menghadiri Grammy tahun depan jika Frank Ocean tidak dapat nominasi.

Ocean sendiri baru menelurkan dua karya baru berjudul Blonde dan album visual bertajuk Endless. Kanye ingin karya-karya sang musisi itu dihargai.

"Saya katakan kepada Anda sekarang, jika albumnya tidak jadi nomine di kategori apa pun, saya tidak akan muncul di Grammy. Sebagai seniman, kita harus bersatu memerangi omong kosong," kata Kanye, Sabtu (22/10).

Itu disampaikan saat bapak dua anak itu konser di Oakland, California.

Kanye punya alasan mengapa dirinya tiba-tiba menyampaikan itu. Seminggu sebelumnya, Billboard melaporkan bahwa dua karya Ocean, baik Blonde maupun Endless tidak akan menjadi nomine Grammy Awards tahun depan.

Sebab, dua karya tidak didaftarkan oleh label dan manajemen Ocean, atau perwakilannya, untuk ikut Grammy Awards 2017. Blonde dan Endless sebenarnya rilis di waktu yang masih memungkinkan, yakni 8 Desember.

Sementara batas akhir perilisan karya yang bisa ikut Grammy Awards 2017 adalah 30 September 2016.

Belum ada komentar dari perwakilan Ocean maupun penyelenggara Grammy Awards atas pemboikotan Kanye itu. (rsa/rsa)