Penyakit pun Tak Bisa Hentikan Yon 'Koes Plus' Bersenandung

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 12:37 WIB
Penyakit pun Tak Bisa Hentikan Yon 'Koes Plus' Bersenandung Yon Koeswoyo kembali, bahkan akan menggelar konser. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Why do you love me... so sweet and tenderly. I'll do everything to make you happy..."

Sebaris lirik lagu legendaris Koes Plus berjudul Why Do You Love Me tersebut dilantunkan sang vokalis, Yon Koeswoyo pada suatu sore dalam acara konferensi pers di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Beberapa jurnalis yang hadir dalam acara itu pun ikut terlarut.

Seperti biasanya, Yon menyanyikannya dengan baik. Tak terlihat tanda-tanda bahwa ia baru saja melawan rasa sakit di tubuhnya. Sesak napas yang diakibatkan oleh kebolongan paru-parunya membuat Yon harus diopname selama lebih dari sebulan pada Mei hingga Juni lalu.


"Saya kemarin diopname sebulan lebih. Katanya tidak ada harapan. Tapi karena doa Anda semuanya, saya diberi kesembuhan," ujarnya setelah menyanyikan lirik itu.

Yon menyebut peristiwa tersebut sebagai peringatan dari Tuhan. Musisi yang telah menginjak usia 76 tahun ini mengaku sadar bahwa selama ini dirinya terlalu semangat dalam berpentas, sehingga seringkali 'lupa daratan.’

"Nah karena lupa daratan itu akhirnya Tuhan kasih peringatan kepada saya. Organ tubuh sudah seperti itu. Dihajar satu bulan opname. Tapi Tuhan masih beri petunjuk, 'Ya sudah kamu sembuh, hibur orang-orang lagi,'" katanya.

Di sela-sela perbincangan dengan para jurnalis, Yone menyanyikan sebait lirik Kisah Sedih di Hari Minggu. Lagu lain yang juga terkenal dari kelompok yang dulu dijuluki Ngak Ngik Ngok itu. Ia mengatakan, lagu-lagu Koes Plus membuatnya selalu terlihat sehat dan segar.

"Saya kalau tidak bernyanyi malah lemas. Saya kan tukang nyanyi, saya kalau nyanyi senang. Ini obat mujarab," ujarnya.

Bantuan Moral dan Material

Yon mengaku sangat bersyukur atas keberadaan orang-orang yang senantiasa di sisinya ketika dalam keadaan sakit. Ia menuturkan, banyak sekali orang yang mengirimkan bantuan berupa moral dan material.

"Berkat doa orang-orang. Mereka takut kalau saya kenapa-kenapa. Didoakan, sembahyang di ruangan itu. Bantuan moral dan material, dibantu apa saja diberi. Bagaimana saya tidak sembuh?" katanya.

Bukan hanya itu saja, para penggemar Yon bahkan tidak segan-segan membantunya dengan bentuk finansial. Saat itu ia mengaku kesulitan membayar biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit. Sebagian dari mereka lantas membantunya.

Alasan biaya pengobatan dan perawatan itu pula yang membuat Yon ingin menggelar konser bertajuk Andaikan Koes Plus Datang Kembali di Balai Sarbini, Jakarta Pusat pada 9 Desember mendatang.

"(Alasan) yang utama betul adalah, saya kan tidak ada pensiun, tidak mendapatkan duit dari pemerintah. Itu duit dari mana? Memangnya tidak perlu uang untuk makan dan beli obat? Saya sekali check up saja Rp3,5 juta, kalau seminggu sekali saya duit dari mana? Kecuali kalau saya kaya sekali," ujarnya.

Konser Pertama Setelah Sembuh

Dalam konser 'Andaikan Koes Plus Datang Kembali,' Yon rencananya akan membawakan lagu-lagu hit band-nya. Ia pun mengaku sangat ingin bisa tampil secara atraktif seperti biasanya, saat hari-hari ia masih belum sakit.

“[Menampilkan] 20 lagu kuat saya. Tapi jangan dipaksakan lah. Koes Plus suaranya tinggi-tinggi semua," ujarnya.

Pria kelahiran Tuban, Jawa Timur ini menambahkan, "Mudah-mudahan masih bisa jingkrak-jingkrak. Saya masih ingin jingkrak-jingkrak. Seperti saat lagu Pelangi itu."

Pihak promotor yang menyelenggarakan konser Koes Plus ini, JR Production, mengumumkan bahwa tiket konser akan mulai dibuka pada Kamis (17/11) di tempat-tempat penjualan online dan offline. Harga tiket dibanderol dari Rp200 ribu hingga Rp900 ribu. (rsa/rsa)