'Suara Hati Lelaki', Pameran Foto Anti Kekerasan Perempuan

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 24/11/2016 10:45 WIB
Lebih dari 50 laki-laki dari beragam profesi memamerkan hasil karya foto mereka, menyoal kekerasan dari sudut pandang masing-masing. Lebih dari 50 laki-laki dari beragam profesi memamerkan hasil karya foto mereka akan kekerasan dari sudut pandang masing-masing. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak Desember 2015, aktris Nova Eliza membentuk Suara Hati Foundation, lembaga nirlaba yang lahir atas keprihatinannya melihat tindak kekerasan di Indonesia. Keseriusan dan komitmen dalam hal tersebut membuatnya ingin merangkul semua kalangan yang mengalami hal demikian.

Oleh karenanya, Nova pun memperkenalkan kampanye terbaru bertajuk ‘Suara Hati Lelaki’. Kampanye itu dibuat dalam bentuk pameran foto dan resmi diluncurkan pada Rabu (23/11) bertempat di Fairmont Hotel, Jakarta.

"Proyek ini melibatkan campur tangan para lelaki dengan profesi berbeda dari berbagai ras, suku dan keyakinan yang berbeda, bergabung untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan," kata Nova saat membuka pameran itu.


Menurutnya, tindak pelaku kekerasan mayoritas dilakukan oleh laki-laki, meski terkadang mereka pun menjadi korban.

"Untuk itu saya bersama fotografer Nurulita dan video RSquare ingin menggali sisi lain dari laki-laki dengan menunjukkan sisi lembutnya mereka," tutur Nova.

Pameran foto yang melibatkan 51 laki-laki dari beragam profesi itu akan berlangsung selama 24 November sampai 15 Desember di Erasmus Huis Jakarta.

"Kami sangat berharap kelembutan yang diekspresikan ke-51 tokoh ini dapat menjalar ke semua laki-laki yang ada, sehingga kekerasan terus berkurang bahkan berhenti," pungkas Nova.

Dari 51 tokoh yang ikut andil terdapat figur lelaki Indonesia dari berbagai profesi baik dari kalangan seniman, politisi, penulis, tokoh agama juga dari selebriti. Mereka, di antaranya, yakni Chicco Jerikho, Anjasmara, Slank, Eko Supriyanto, Igor Saykoji, Rafly Kande, Muhammad Assad, Rob Swartbol, Prabu Revolusi, Eric Yusuf dan lainnya.

"Mereka dipilih sebagai sosok yang peduli dan bisa menyuarakan hati mereka soal kekerasan dari sudut pandang mereka," ujar Nova.

Menurutnya, sangat diperlukan sosok pria yang dapat mengubah suatu hal, berdiri dan berbicara untuk kesetaraan gender.

Sejumlah lelaki dari beragam profesi turut berpartisipasi dalam pameran foto yang diberi tajuk,'Suara Hati Lelaki'. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)


Anti kekerasan 

Pameran Foto "Suara Hati Lelaki" sendiri merupakan proyek ketiga Nova setelah menggelar pameran "Suara Hati Perempuan" dan talkshow dengan lembaga-lembaga yang mendukung anti kekerasan perempuan di Indonesia.

Dipilihnya konsep pameran foto sendiri diungkapkan Nova bahwa karya fotografi punya rasa tersendiri.

"Lewat foto, feel-nya berbeda, foto menggambarkan ekspresi dan memberi banyak cerita," katanya.

Berdasarkan data Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) tahun 2016 bahwa temuan dari ragam kasus di tahun 2016 memperlihatkan pola meluas sehingga perlu adanya pencegahan, penanganan serta tindakan yang menjamin rasa aman bagi perempuan.

Diketahui terdapat jumlah kasus kekerasan yang dilaporkan sepanjang tahun 2015 mencapai 321.752 kasus, sementara berdasarkan data yang ditangani oleh pengadilan agama sekitar 305.533.

Jumlah kasus tindak kekerasan yang masih sangat tinggi itu menggerakkan ‘Suara Hati Foundation’ untuk merangkul lebih banyak pihak termasuk melibatkan kaum lelaki yang dalam kebanyakan kasus tindak kekerasan menjadi pelaku utama agar timbul pemahaman dan kepedulian terhadap kaum perempuan yang juga mempunyai hak asasi yang sama.

"Kami sangat gembira dapat kembali berkolaborasi dengan Nova Eliza dan ‘Suara Hati Foundation’ serta pemerintah Indonesia untuk menggelar acara inspiratif yang memberikan dukungan terhadap korban kekerasan perempuan termasuk pelecehan seksual yang masih tinggi," kata Rob Swartbol, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK