Beli Lukisan Affandi di Lelang Karya Seni Bisa Lewat Aplikasi

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 02/12/2016 18:25 WIB
Beli Lukisan Affandi di Lelang Karya Seni Bisa Lewat Aplikasi Affandi, pelukis terkenal dari Indonesia, karyanya akan dilelang di Kemang, Sabtu (3/12). (Materialscientist via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi pelelangan karya seni dari lima negara, Sabtu (3/12). Sejumlah 154 karya seni yang terdiri atas lukisan maupun patung itu, akan dilelang di Malinda Design Centre (MDC), Kemang, Jakarta Selatan.

Itu merupakan kegiatan lelang yang baru kembali dilakukan di Jakarta setelah sekian lama vakum. Beberapa tahun belakangan, kegiatan itu hanya dirutinkan di Singapura. Karya-karya seni yang bakal dipamerkan dan dilelang itu, berasal dari banyak negara di Asia.

Ada dari seniman di Filipina, Tiongkok, Thailand, Korea, dan Indonesia sendiri. Totalnya ada 154 karya.


Ini merupakan kali pertama barang seni dari Filipina menginjakkan kaki di Indonesia. Karena itu ia disediakan sesi khusus. “Lelang karya seni khusus seniman old master Filipina baru pertama kali di Indonesia. Tidak mudah mendapatkan koleksi karya seni yang tergolong langka dan berkualitas ini,” kata Karyadi, perwakilan Specialist 33 Auction Jakarta, dikutip dari Antara.

Salah satu karya seni yang menjadi andalan dari Filipina adalah lukisan berjudul Harvesting Fruits karya seniman Fernando Cueto Amarsolo. Seniman seperti Isabelo Tampinco, Roger San Miguel, dan Vincente Silva Manansala juga bakal mendapat sorotan.

Mereka akan bersanding dengan seniman papan atas dari Indonesia, seperti Basuki Abdullah, Affandi, H Widayat, S Soedjojono, dan Antonio Blanco.

Dari namanya, karya-karya mereka identik dengan harga selangit. Mereka telah menjadi koleksi pencinta seni kelas atas. Namun di pelelangan besok, menurut Karyadi, akan ada karya-karya yang dijual dengan harga miring. Tujuannya untuk menarik generasi muda.

"Ada banyak pilihan dari karya seniman muda juga. Tapi ada juga yang karya seni tinggi dengan harga super murah. Mulai dari Rp 500 Jutaan," kata Karyadi.

Bagi mereka yang ingin ikut penawaran lelang, tidak harus datang ke lokasi. Perwakilan Specialist 33 Auction Singapura, David Fu mengatakan, penawaran bisa dilakukan melalui telepon. Mereka yang tertarik juga bisa saling tawar melalui situs 33 Auction.

“Atau bisa juga lewat aplikasi yang diunduh lewat Google Play maupun Apple Store,” kata David. Dengan demikian, pelelangan karya seni jadi lebih bisa dijangkau banyak kalangan. (rsa/rsa)