Tren Drama Korea Kalahkan Donald Trump di Asia

Resty Armenia, CNN Indonesia | Selasa, 20/12/2016 06:55 WIB
Tren Drama Korea Kalahkan Donald Trump di Asia Tren pencarian istilah-istilah yang berkaitan dengan drama Korea menjadi yang paling mengalami lonjakan di mesin pencari Google di sepanjang 2016. (Foto: Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --
Tren pencarian istilah-istilah yang berkaitan dengan drama Korea Selatan menjadi yang paling mengalami lonjakan di mesin pencari Google di sepanjang 2016. Tren tersebut mengalahkan kecenderungan pencarian istilah yang berhubungan dengan presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump.

Dilansir dari Time, Google memproses triliunan permintaan pencarian kata setiap tahunnya. Beberapa hari yang lalu, perusahaan yang berpusat di Mountain View, California, Amerika Serikat ini mengungkapkan istilah apa saja yang mendominasi mesin pencarinya pada tahun 2016.

Istilah "menjadi tren" berarti bahwa kata-kata dan frasa-frasa tersebut mengalami peningkatan paling tajam dalam traffic, selama kurun waktu tertentu dari 2015 hingga 2016.
Banyak frasa merefleksikan peristiwa nasional, topik berita, dan fenomena lain yang menonjol selama setahun ini. "Pokemon Go," "iPhone 7," "Donald Trump," "Prince," dan "Powerball" berturut-turut menjadi lima besar istilah yang paling dicari di dunia.


Sementara, sebagian besar negara di Asia dalam setahun ini cenderung lebih tertarik dengan acara-acara olahraga. Frasa "2016 Olympic" meroket dalam 10 besar istilah paling populer dicari dalam hampir semua negara Asia yang disurvei oleh Google.

Turnamen sepak bola seperti "Euro 2016" juga menjadi tren tahun ini. Istilah-istilah yang berkaitan dengan pertandingan ini memuncaki pencarian di Malaysia dan Singapura.

Selain itu, film-film dan drama buatan sineas Korea Selatan melanjutkan kepopulerannya di negara-negara Asia.

Tahun ini, istilah yang berhubungan dengan drama mega-hit Korea Selatan yang berjudul Descendant of The Sun masuk ke daftar permintaan pencarian paling populer di tujuh negara di Asia, termasuk Indonesia.

Dalam grafik yang ditunjukkan oleh Google, bisa dilihat bahwa popularitas pencarian istilah yang berkaitan dengan drama yang dibintangi oleh Song Joongki dan Song Hyekyo itu mengungguli pencarian istilah yang berhubungan dengan Donald Trump.

Lebih jauh, film box office asal Negeri Ginseng yang bertajuk Train to Busan menjadi yang paling populer di Taiwan, Malaysia, dan Filipina. Film horor yang berkisah tentang serangan zombie itu dibintangi oleh aktor kondang Gong Yoo.
(rah/rah)