Program Televisi Disney Bisa 'Ditonton' di Snapchat

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 22/12/2016 07:48 WIB
Disney baru saja menjalin kerja sama dengan Snpa Inc, perusahaan pembuat Snapchat. Tapi, tak disebutkan berapa harga kerja sama itu. Disney menjalin kerja sama dengan Snapchat. (REUTERS/ Eric Thayer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Disney bukan hanya bisa membuat film-film kartun atau pahlawan super. Bagian dari The Walt Disney Company yang mengurusi televisi, juga akan membuat program untuk perusahaan Snapchat, Snap Inc. Itu disampaikan Disney pada Rabu (21/12), tanpa menyebut soal harga.

“Awal tahun ini, kami bekerja dekat dengan Snap di acara yang sangat sukses, The Oscars Live Story. Dan kami tak sabar untuk membangun hubungan dan mempersembahkan pengalaman yang unik dan mengasyikkan kepada pengguna Snapchat yang sangat mobile, soal pertunjukan-pertunjukan dari merek kami,” kata eksekutif Disney-ABC Television, John Frelinghuysen.

Entah berapa yang didapat Disney dari kerja sama itu. Yang jelas, itu akan menambah pundi-pundi salah satu studio raksasa asal Amerika itu, setelah memecahkan rekor di dunia sinema. Penghasilan Disney di bidang perfilman tahun ini sudah menembus US$7 miliar.


Kerja sama yang baru terjadi, berhubungan dengan akan ‘melantainya’ Snap di lantai bursa penawaran publik mulai tahun depan. Tahun ini, Snap sudah menandatangani banyak kesepakatan periklanan dan konten seperti dengan Viacom, Comcast, bahkan Time Warner.

Sementara bagi Disney, kerja sama itu bukan hanya berarti uang. Perusahaan itu juga ingin lebih menyentuh lagi generasi muda, yang menjadi target Snap. Mereka mulai menjauhkan diri dari televisi tradisional dengan adanya layanan streaming seperti Netflix maupun video YouTube. Sebelumnya, Disney dan Snap pernah bekerja sama saat Academy Awards tahun ini.

Mereka membuat Live Stories, sebuah fitur di Snapchat yang langsung memandu foto-foto dan video yang diunggah pengguna ke acara tertentu, dalam konteks ini pembagian Piala Oscar.

Kerja sama Disney dan Snap kali ini tidak seperti kesepakatan yang dibuat dengan perusahaan media lain. Mengutip Reuters, Disney nantinya akan mengontrol sendiri seluruh penjualan dan iklan untuk pertunjukan-pertunjukan yang diproduksinya untuk Snapchat.

Sementara dengan media lain, tanggung jawab penjualan dan iklan ada di kedua belah pihak.

Kerja sama Disney dan Snap diawali pada 3 Januari mendatang. Itu bertepatan dengan seri rangkuman Watch Party: The Bachelor yang diproduksi jaringan televisi ABC. Nantinya, program-program lain yang berhubungan dengan Disney dan ABC juga bisa dilihat di Snapchat. (rsa/les)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK