Pertama Kali, Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Konvensi Komik

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 27/12/2016 07:56 WIB
Pertama Kali, Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Konvensi Komik Komik dan budaya pop pun memasuki Arab Saudi. (Thinkstock/justtscott)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arab Saudi bukan hanya kiblat dan tempat ibadah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Negara Islam itu juga punya kehidupan modern dan budaya populer. Buktinya, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah bagi konferensi komik tahun depan.

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi memiliki Saudi Comic Con, yang akan diselenggarakan pada 16 hingga 18 Februari mendatang. Gelaran itu akan diadakan di kota Jeddah.

Panitia sudah menyebarkan poster yang memperlihatkan seorang pria Arab—lengkap dengan sorban dan baju putih—membuka kancing baju seperti halnya karakter dengan alter ego pahlawan super. Lambang Arab Saudi ada di dada pria itu.


Menurut Arab News yang dikutip Independent, konvensi komik itu tidak akan jauh berbeda dengan acara-acara serupa yang digelar di kota lain, seperti San Diego yang merupakan pusatnya, atau bahkan Indonesia.

Di sana juga akan ada segala hal tentang komik, anime, manga, pop art, video game, cosplay, buku, dan penampilan selebriti. Namun, masih belum disampaikan siapa saja selebriti yang akan hadir, apakah lokal atau mendatangkan dari Hollywood.

Konvensi komik semacam itu juga identik dengan pahlawan-pahlawan super. Saudi Comic Con digelar oleh Time Entertainment. Acara itu merupakan gelaran konvensi komik ‘termuda’ di dunia. Time Entertainment membuatnya karena ada permintaan.

“Ada permintaan yang besar di negara ini, mengingat puluhan dari ribuan penduduk Saudi bepergian ke luar negeri hanya untuk menghadiri kegiatan serupa. Semua telah disiapkan agar Saudi Comic Con sukses dan meninggalkan jejak di industri ini,” kata Obada Awad, direktur eksekutif Time Entertainment dalam keterangan persnya.

Untuk menghadiri acara Saudi Comic Con, dibutuhkan biaya sekitar Rp358 ribu. (rsa/rsa)