Persimpangan Jalan di Washington Kehilangan Senyum Obama

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 27/01/2017 15:42 WIB
Persimpangan Jalan di Washington Kehilangan Senyum Obama Mural Obama dihapus dari dinding Ben's Chili Bowl. (AFP PHOTO / JIM WATSON AND Mandel Ngan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru sepekan Barack Obama meninggalkan jabatan serta ruang kerjanya sebagai Presiden Amerika Serikat. Tapi seperti dilaporkan AFP, wajahnya yang biasa tersenyum dalam mural di salah satu sisi dinding tempat makan ikonis di Amerika Serikat, telah menghilang.

Dinding ikonis itu ada di sisi luar Ben’s Chili Bowl, tempat makan yang terkenal dengan sosis pedasnya. Lokasinya ada di salah satu persimpangan jalan di Washington DC. Wajah tersenyum Obama biasanya berdampingan dengan Bill Cosby di dinding bercat warna-warni itu.

Namun kini, mural itu sudah digantikan oleh sekadar cat putih. Wajah Cosby, komedian yang belakangan dikenal sebagai tersangka kasus pelecehan seksual, pun dicat putih polos.


Orang-orang yang biasa lewat situ dan melihatnya, terkejut dengan perubahan itu. “Saya sangat terkejut mereka benar-benar menghapusnya,” kata Shadarryl Brown, seorang Afrika-Amerika berusia 43 tahun yang biasa lewat persimpangan itu dan mengagumi muralnya.


Sebagai wajah Obama dan Cosby, ada tulisan ‘tahun baru, mural baru’ terpampang di sana. Ada pula alamat situs restoran.

Restoran itu menegaskan, tidak ada niatan politik apa pun dalam penghapusan mural Obama. Mereka hanya ingin memberikan wajah baru. Karena itu Ben’s menuliskan alamat situs mereka, untuk membiarkan orang memilih wajah siapa yang akan dijadikan mural berikutnya.

Pemilik restoran itu, Virginia Ali mengatakan, lengsernya Obama dan penghapusan mural yang terjadi hampir bersamaan, hanya kebetulan belaka. “Kami menghapus mural itu karena sudah lima tahun. Itu perlu dicat lagi, dan kami memutuskan melakukannya tahun baru,” katanya.

Ia melanjutkan, “Kami harus membuat mural baru untuk lima tahun ke depan.”

Keputusan itu dibikin musim semi lalu.


Ali mengaku tidak menduga salah satu dinding restorannya menjadi perhatian banyak orang, sampai semua terkejut saat mural Obama dihapus dan akan diganti yang baru. “Saya tidak tahu bahwa dinding saya bisa sepenting itu,” tuturnya sambil tersenyum.

60 Kandidat Berkulit Hitam

Mural baru di dinding itu akan dilukis sekitar April. Ia akan mewujudkan apa yang diinginkan publik. Bisa jadi wajah Obama lagi, mungkin juga yang lain. Atau, ia menambahkan, Obama bisa menjadi wajah muralnya lagi bersama sang istri, Michelle.

Brown yang menjadi salah satu penggemar mural itu mengatakan, sangat bagus Ben’s membiarkan penggemarnya memilih wajah siapa yang ingin dijadikan mural. Ada 60 kandidat yang bisa dipilih, kebanyakan berkulit hitam. Mulai Kamis (26/1) kemarin, publik sudah bisa memilih, yang akan membuat puluhan kandidat itu mengerucut hanya jadi enam pilihan.

Barack dan Michelle Obama punya paling banyak pemilih untuk menjadi wajah mural berikutnya di dinding Ben's Chili Bowl.Foto: REUTERS/Yuri Gripas
Barack dan Michelle Obama punya paling banyak pemilih untuk menjadi wajah mural berikutnya di dinding Ben's Chili Bowl.
Ada Martin Luther King Jr, Mahatma Gandhi, Obama, Nelson Mandela, Bunda Teresa, sampai Desmond Tutu. Brown sendiri memilih Michael Jackson, tapi saat kulitnya masih hitam.

Batas waktu pemilihan adalah akhir Februari. “Sejauh ini Michelle dan Barack Obama masih memimpin. [Pemilih] mereka jauh melesat sampai,” kata Kamal Ali, putra sang pemilik. (rsa/rsa)