Karena Aturan Trump, Sutradara Iran Tak Bisa Hadir di Oscar

Rahman Indra, CNN Indonesia | Minggu, 29/01/2017 11:01 WIB
Karena Aturan Trump, Sutradara Iran Tak Bisa Hadir di Oscar Asghar Farhadi, nomine film berbahasa asing terbaik Oscar 2017 tidak akan bisa hadir dalam malam penghargaan, menyusul pelarangan masuk AS Donald Trump. (Foto: Jamie McCarthy/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Iran, Asghar Farhadi, yang masuk nominasi film berbahasa asing terbaik Oscar 2017 tidak akan bisa hadir dalam malam penghargaan, menyusul pelarangan masuk dari negara tersebut oleh Presiden AS Donald Trump.

Penulis dan sutradara film' The Salesman' itu tidak akan bisa masuk AS karena Trump baru saja menandatangi aturan pelarangan visa masuk bagi tujuh negara mayoritas muslim, antara lain Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman. 

Perhelatan malam penghargaan Oscar atau Academy Awards dijadwalkan berlangsung pada 26 Februari mendatang.


Farhadi sebelumnya pernah meraih Oscar lewat film A Separation pada 2012. Sementara film terbarunya The Salesman, mengacu pada kisah Death of a Salesman milik Arthur Miller.

Pada Kamis lalu, setelah Trump mengeluarkan aturan pelarangan itu, aktor Iran yang bermain di The Salesman, Taraneh Alidoosti mengumumkan ia tidak akan hadir di malam Oscar sebagai bentuk boikot.

"Pelarangan visa Trump untuk orang Iran adalah rasisme,' tulisnya. "Apakah itu acara kebudayaan atau lainnya, saya tidak akan hadir menghadiri #AcademyAwards2017 sebagai bentuk protes," tambah dia.



(rah/rah)