Kebijakan Trump Buat Anne Hathaway Tak Bisa Tinggal Diam

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 01/02/2017 06:56 WIB
Kebijakan Trump Buat Anne Hathaway Tak Bisa Tinggal Diam Setelah satu bulan vakum, aktris peraih Oscar itu kembali mengaktifkan Instagram dengan postingan berisi kritik tajam terhadap kebijakan Donald Trump. (Foto: Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemeran film The Devil Wears Prada, Anne Hathaway kembali mengaktifkan akun Instagramnya setelah satu bulan vakum, tak memberi pembaharuan atau update apapun.

Postingan terbaru dari aktris berusia 34 tahun itu justru potongan gambar dari halaman opini New York Times berjudul 'Anne Frank hari ini adalah anak perempuan Suriah.' Meskipun artikel yang ia bagi ditulis Agustus lalu, opini tersebut relevan dengan kebijakan kontroversi yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump yang melarang kedatangan tujuh warga Timur Tengah masuk ke AS selama 120 hari.

Dalam postingannya itu, terdapat gambar Anne Frank yang bersisian dengan gambar anak perempuan lima tahun Suriah yang berdarah-darah akibat ledakan bom di Aleppo. Hathaway menyertai gambar itu dengan pesan panjangnya yang mengkritik Trump.


"Saya tidak berencana untuk kembali aktif di Instagram secepat ini, akan tetapi momen ini tak bisa didiamkan begitu saja," tulis Hathaway dalam potingannya, seperti dilansir dari People.

Ia menambahkan, Amerika adalah negara besar ketika ia membuat dirinya besar, sebuah negara yang cukup kuat untuk menerima dan menyerap siapapun yang hidupnya terenggut oleh keadaan di luar kuasanya. Amerika mestinya dapat menajdi sebuah harapan untuk dunia yang penuh peperangan, penderitaan dan kesengsaraan, sembari tetap menjaga keamanan warga negaranya.

"Kita harus melanjutkan tradisi memberi bantuan bagi yang membutuhkan. Jika kita tidak melakukannya, kita tidak akan jadi apa-apa," ungkapnya. 

Aktris peraih piala Oscar itu juga menyampaikan pesannya bagi yang terkena dampak dari kebijakan Trump. "Doa saya buat mereka yang saat ini ketakutan, saya minta maaf karena rasa takut yang menjalar. Kita harus tetap teguh bersama-sama dengan rasa cinta."

Hathaway kemudian juga mendorong publik untuk peduli dan menyalurkan bantuannya pada American Civil Liberties Union dan Doctors Without Borders.

Aktris yang saat ini sedang dalam proses pengambilan gambar untuk film terbarunya Ocean's Eight di New York City itu menambah daftar panjang selebriti Hollywood yang menyampaikan kritik terhadap kebijakan imigrasi Trump.

Sejumlah selebriti pada malam penghargaan the Screen Actors Guild Awards pada Minggu malam juga menyampaikan kegelisahan dan kritik mereka, hampir di setiap penerima penghargaan.

Tidak hanya selebriti, mantan presiden AS, Barack Obama juga buka suara dengan merilis pernyataan resminya mendukung aksi demonstran yang berupaya menolak kebijakan Trump. Ia mengatakan dirinya tergugah oleh aksi serempak dan kompak publik di berbagai tempat di AS akan penolakan terhadap kebijakan yang tidak memihak.

[Gambas:Instagram] (rah/rah)