Madonna akan Adopsi Anak Kembar dari Malawi

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 08/02/2017 07:52 WIB
Madonna akan Adopsi Anak Kembar dari Malawi Madonna akan adopsi dua anak lagi dari Malawi. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Madonna akhirnya mendapat izin untuk kembali mengadopsi anak dari Malawi. Tidak tanggung-tanggung, mengutip pernyataan juru bicara pengadilan yang dilaporkan Reuters, sang pelantun Like a Virgin akan mengadopsi dua anak, kembar dari negara di Afrika Selatan itu.

Ia sebelumnya sudah pernah mengadopsi dua anak dari tempat yang sama. Tapi itu memicu kemarahan penduduk setempat. Sebab pemerintah Malawi sejatinya punya peraturan, pengadopsi anak di sana harus berstatus warga tinggal. Namun aturan itu tak berlaku untuk Madonna.

Beberapa waktu lalu saat Madonna kembali berkunjung ke Malawi, seorang sumber dalam pengadilan menuturkan bahwa sang musisi berusaha meminta izin untuk mengadopsi dua anak lagi. Namun saat itu Madonna membantah, kunjungannya hanya untuk amal bukan adopsi anak.



Madonna sendiri memang punya yayasan untuk memajukan Malawi. Belakangan, yayasan itu fokus membangun sekolah dan fasilitas serta rumah sakit anak yang layak di tempat itu.

Kini setelah beberapa lama, niat pengadopsian anak Madonna terungkap. Penyanyi asal Amerika Serikat itu dikabarkan hadir di persidangan saat keputusan izinnya dibacakan. Namun Reuters tidak bisa mendapatkan komentar dari Madonna atau perwakilannya saat itu.

Pengacara Madonna untuk Malawi Titus Mvalo mengungkapkan alasan Madonna kembali diizinkan mengadopsi dua anak, meski sebelumnya menuai kontroversi. Katanya, itu karena selama ini telah bertahun-tahun Madonna membuktikan bahwa dirinya punya kepedulian terhadap Malawi.


“Oleh karena itu pengadilan terpuaskan dan tidak bisa menghentikannya mengadopsi anak kembar itu,” kata Mvalo. Satu-satunya syarat adopsi itu hanyalah Madonna harus menunjukkan laporan yang menyebutkan bahwa rumah tempat tinggal mereka cocok dan mumpuni untuk semua.

Sayangnya, Mvalo tidak bisa memberi penjelasan lebih detail soal anak yang akan diadopsi Madonna kali ini. Sebelumnya, sang penyanyi 58 tahun sudah punya David Banda dan Mercy James dari Malawi, yang diadopsi pada 2006 dan 2009. Ia sendiri punya Lourdes dan Rocco.

Rising Malawi, organisasi nonprofit yang didirikan Madonna, sudah berdiri sejak 2006. Organisasi itu fokus pada program kesehatan dan pendidikan, terutama bagi anak perempuan di Malawi. Organisasi itulah yang membuat hubungan Madonna begitu dekat dengan Malawi. (rsa/rsa)