Beyonce Batal Tampil, Harga 'Tiket Calo' Coachella Merosot

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 24/02/2017 15:02 WIB
Beyonce Batal Tampil, Harga 'Tiket Calo' Coachella Merosot Suasana Coachella 2015, festival musik paling besar, terkenal dan menguntungkan. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beyonce bisa dibilang sebagai musisi pemikat di festival musik Coachella. Tapi sang pelantun Crazy in Love itu baru saja membatalkan penampilannya karena perkara kehamilan.

Pengumuman itu datang dua bulan sebelum Coachella dimulai, pertengahan April mendatang.

Kabar itu langsung membawa dampak bagi penjualan tiket di pasar sekunder, atau lebih dikenal dengan tiket yang dipasarkan kembali oleh 'calo.'

Mengutip The Hollywood Reporter, data dari TicketIQ menunjukkan adanya penurunan harga tiket.

TicketIQ merupakan mesin pencari sekaligus agregator yang melacak penjualan tiket acara tertentu, baik di pasar primer maupun sekunder. Harga tiket untuk akhir pekan pertama turun 12 persen dari harga rata-rata US$978 menjadi US$872 setelah pengumuman itu.


Sementara harga tiket untuk akhir pekan ke-dua turun tiga persen, dari US$856 ke US$834.

Coachella merupakan salah satu festival musik paling besar dan menguntungkan di dunia. Pada 2016, festival itu berhasil menarik sekitar 99 ribu pengunjung di akhir pekan pertama dan ke-dua. Jika ditotal, ada hampir 200 ribu penonton Coachella tahun lalu di California.

Mereka membayar US$400 untuk harga tiket masuk standar, atau US$900 untuk VIP.

Menurut Billboard Boxscore, Coachella menghasilkan sampai US$94 juta dari tiket saja.

Dari preseden yang sudah-sudah, pengunjung yang sudah terlanjur membeli tiket festival biasanya tidak punya kesempatan untuk protes, meminta kompensasi atau pengembalian uang saat salah satu bintang utama festival itu batal hadir. Beastie Boys pernah membatalkan penampilan mereka di Lollapalooza pada 2008, setelah Adam Yauch didiagnosis dengan kanker.


Promotor C3 saat itu mengatakan, “Pembatalan oleh band tidak memberi hak bagi pemegang tiket untuk menguangkannya kembali. Dengan lebih dari 100 penampilan, penggemar masih berkesempatan mendapatkan nilai [dari harga tiket] yang besar.”

Alasan itu bisa disampaikan promotor Coachella. Masih banyak aksi yang bisa ditonton, seperti Lorde, Bon Iver, DJ Khaled, Gucci Mane dan New Order. Musisi lain termasuk Father John Misty, Travis Scott, Schoolboy Q, Car Seat Headrest, Guided by Voices, Mac Miller, Hans Zimmer, Justice, Tove Lo and The Head and the Heart, dan masih banyak lagi.

Apalagi ada ketentuan di Coachella, “Jika penampil berubah, tak ada uang kembali.”

Kemungkinan lain, penyelenggara mencarikan pengganti untuk band atau musisi yang batal. Namun belum ada kepastian untuk yang satu itu. Lagipula, mudahkah menggantikan Beyonce?


Diketahui, Beyonce belum membatalkan penampilannya di Coachella saat pertama mengetahui dirinya hamil anak kembar, awal bulan lalu. Saat tampil di Grammy Awards pekan lalu pun, ia masih bisa bergerak dan memainkan kursi dengan lincah, meski perutnya membuncit.

Namun belakangan, dokter menyarankan agar Beyonce lebih menjaga kesehatan dan kandungannya. “Mengikuti saran dari dokternya untuk mengurangi aktivitas berlebihan dalam beberapa bulan mendatang, Beyonce telah membuat keputusan untuk membatalkan penampilannya di Coachella Valley Music & Arts Festival 2017," tulis penyelenggara Coachella.

Beyonce seharusnya tampil dua kali, di masing-masing akhir pekan. Tepatnya tanggal 15 dan 22 April mendatang. Meski Beyonce batal, penyelenggara memastikan ia akan punya penampilan penebusan tahun depan. “Beyonce akan menjadi headliner di festival 2018,” tegas mereka.