Ratusan Ribu Mahakarya Seni Vatikan Dibuat Versi Digital

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 02/03/2017 16:28 WIB
Ratusan Ribu Mahakarya Seni Vatikan Dibuat Versi Digital Ratusan ribu lukisan mahakarya yang menempel di dinding Sistine Chapel nantinya akan dapat dinikmati secara detil dalam bentuk digital. (REUTERS/Philip Pullella)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan ribu mahakarya Michaelangelo dan seniman lainnya yang terpasang di Sistine Chapel, Vatikan, sedang dibuat dalam versi digital sebagai bentuk restorasi dan preservasi untuk masa depan.

Melansir Reuters, sebuah proyek dilaksanakan selama lima tahun ke depan untuk merekam dan mengubah berbagai mahakarya yang menghiasi Sistine Chapel menjadi bentuk digital.

Sistine Chapel adalah salah satu 'gudang' mahakarya seni dunia. Tercatat, ada 270 ribu karya Michaelangelo yang mewarnai dinding bagian kota suci Umat Katolik tersebut.
"Di masa depan, hasil proyek ini akan memungkinkan masyarakat mengetahui setiap centimeter dari bagian kapel ini persis seperti kondisi saat ini, di 2017," kata Antonio Paolucci, mantan kepala museum dan ahli terkenal dunia di Sistine.


Sistine Chapel menyimpan salah satu karya terkenal sepanjang masa dari Michaelangelo, yaitu lukisan yang terinspirasi dari Kitab Kejadian berupa penciptaan manusia pertama, Adam.

Lukisan tersebut bergambar Tuhan dengan jenggot putih mengulurkan tangan sebagai bentuk pemberian kehidupan kepada Adam.
Michaelangelo menyelesaikan lukisan di langit-langit kapel tersebut pada 1512 dan menggarap salah satu karya seni paling terkenal, Last Judgement atau Pengadilan Terakhir, di belakang altar pada 1535 hingga 1541.

Lukisan di dinding dan langit kapel tersebut bukan pertama kali difoto sebagai bahan dokumentasi.

Sebelumnya, pada 1980 dan 1994, lukisan-lukisan warisan umat manusia itu sempat difoto sebagai bentuk restorasi dan perawatan berupa pembersihan untuk pertama kalinya setelah berabad-abad.
Untuk proyek terbaru ini, foto dikumpulkan dalam satu edisi berisi tiga jilid dengan masing-masing  berisi 870 halaman berisi gambar lukisan para maestro di kapel tersebut.

Edisi itu kemudian dicetak sebanyak 1999 kopi serta dijual ke berbagai perpustakaan dan kolektor seni.

Satu edisi yang akan dijual seharga US$12,7 ribu atau Rp169juta itu adalah proyek gabungan antara Museum Vatikan dan penerbit ternama Italia, Scripta Maneant.
Ratusan Ribu Mahakarya Seni di Vatikan Dibuat DigitalSistine Chapel adalah salah satu 'gudang' mahakarya seni dunia. Tercatat, ada 270 ribu karya Michaelangelo yang mewarnai dinding bagian kota suci Umat Katolik tersebut.  (AFP PHOTO / YURI CORTEZ)
Pembuatan foto melibatkan fotografer yang mengambil gambar selama 65 malam dari pukul 19.00 hingga 02.00 pagi, saat kapel tutup.

Proyek ini hanya diketahui oleh sedikit orang hingga pihak kapel mengumumkan beberapa waktu lalu.

Menurut penuturan pengelola, seluruh karya seni di sudut kapel sudah diabadikan termasuk lantai mosaik dan lukisan karya seorang seniman dari abad ke-15.

Proyek itu juga nantinya akan memuat 220 halaman berisi karya seni dengan proyeksi 1:1. Beberapa karya seni yang akan dibuat dengan ukuran ini adalah the Creation of Adam dan wajah Yesus dalam Last Judgement.
Masing-masing edisi foto akan memiliki berat hingga sembilan kilogram dan berukuran 60 x 130 centimeter.

"Kami menggunakan perangkat pasca produksi khusus untuk mendapatkan kedalaman, intensitas, kehangatan, dan nuansa warna hingga akurasi 99,99 persen," kata Giorgio Armaroli, kepala Scripta Maneant.

"Restorasi masa depan akan menggunakan hal ini sebagai acuan mereka," katanya.

(end)


ARTIKEL TERKAIT