Ada 'Bunda Maria' Berkebaya Indonesia di Israel

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 05/06/2017 15:00 WIB
Ada 'Bunda Maria' Berkebaya Indonesia di Israel Sebuah patung Bunda Maria di sebuah gereja di Nazaret tampak berkebaya khas Indonesia. Sosok Bunda Maria berkebaya itu menyimpan kisah asa damai dari Indonesia. (Dok. PT Datascrip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok Bunda Maria selama ini tergambarkan jauh dari nuansa Indonesia. Namun bila berkunjung ke kampung halaman Yesus Kristus di Nazaret, Israel, akan ada sosok Bunda Maria dengan balutan kebaya asal Indonesia.

Sebuah patung Bunda Maria atau Madonna atau The Virgin Mary yang terletak di Basilica of Annunciation, Nazaret, Israel, tampak berkebaya khas Nusantara. Patung tersebut bersanding dengan patung Bunda Maria dari berbagai negara lainnya.

Alkisah, keberadaan patung Bunda Maria berkebaya Indonesia itu bermula dari sebuah kelompok kecil peziarah asal Indonesia datang berkunjung ke Basilica of Annunciation pada 2004 lalu.



Kala itu, gereja yang dibangun pada 1969 tersebut telah memiliki koleksi patung Sang Bunda dari seluruh dunia. Namun, tidak ada yang berasal dari Indonesia.

Kelompok peziarah itu kemudian bertanya dan meminta izin untuk menyumbangkan patung Bunda Maria untuk ikut dipajang di gereja yang diyakini oleh umat Katolik sebagai lokasi tempat Maria mendapat kabar dari langit akan mengandung Yesus.


"Pengerjaan patung membutuhkan waktu lebih dari satu tahun, mulai dari sketsa hingga penyelesaian," kata Widayanto, seniman pembuat patung Bunda Maria berkebaya. (Dok. PT Datascrip)


Bak gayung bersambut, keinginan kelompok peziarah tersebut mendapat respon positif dari pengelola gereja dan ditunjukkan sebuah tempat yang masih lowong.


Sekembalinya ke Indonesia, salah satu anggota peziarah tersebut, Joe Kamdani kemudian menghubungi seniman keramik F Widayanto dan mengemukakan ide akan patung Bunda Maria untuk Basilica of Annunciation tersebut.

Widayanto pun menyambut dan langsung melakukan proses desain.

"Pengerjaan patung membutuhkan waktu lebih dari satu tahun, mulai dari sketsa hingga penyelesaian," kata Widayanto seperti pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com.

Joe Kamdani (paling kiri) dan seniman keramik F. Widayanto (kedua dari kanan) pada saat serah terima patung Madonna dari Indonesia dengan Pastur Ricardo Bustos di Basilica of Annunciation.Joe Kamdani (paling kiri) dan seniman keramik F. Widayanto (ke-dua dari kanan) pada saat serah terima patung Madonna dari Indonesia dengan Pastur Ricardo Bustos (ke-dua dari kiri) di Basilica of Annunciation. (Dok. PT Datascrip)

"Akhirnya, dengan rahmat Tuhan, Madonna dari Indonesia dengan kerudung putih, bersarung dan berkebaya, memancarkan wajah damai dengan kedua tangannya terkatup dikelilingi bunga mawar, berdiri di Basilica of Annunciation, Nazaret," lanjutnya.


Bukan tanpa sebab gereja tersebut menyimpan banyak sosok Bunda Maria dari berbagai negara. Selain karena dianggap sebagai lokasi bersejarah tempat Bunda Maria mendapat kabar akan mengandung Yesus, gereja itu juga menyimpan banyak artefak berharga.

Artefak tersebut merupakan sisa-sisa rumah yang diyakini sebagai tempat kediaman Bunda Maria yang asli sehingga dianggap sebagai salah satu lokasi suci bagi umat Kristiani.

Meski tercatat dibangun secara modern pada 1969, gereja Basilica of Annunciation ini aslinya berdiri di atas lokasi gereja peninggalan era Bizantium dan era Perang Salib.

Patung Bunda Maria dari Indonesia terpajang bersama dengan patung dari negara lain. Patung Bunda Maria dari Indonesia terpajang bersama dengan patung dari negara lain. (Dok. PT Datascrip)