FOTO: Mimpi Warna-warni dari Jantung Somalia

REUTERS/Feisal Omar, CNN Indonesia | Rabu, 26/07/2017 06:21 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Muawiye Hussein Sidow alias Shik Shik adalah inspirator seni dari Somalia. Dapat turunan bakat dari ayahnya, Sidow membuat ibu kota Somalia menjadi berwarna.

Mogadishu alias Hamar, ibu kota sekaligus kota paling padat penduduk di Somalia, menjadi berwarna berkat Muawiye Hussein Sidow alias Shik Shik. (REUTERS/Feisal Omar)
Ia merupakan seniman di balik gambar mulut terbuka, gigi, pipa rokok, maupun radio di dinding depan pertokoan di sepanjang Mogadishu. (REUTERS/Feisal Omar)
Ada sekitar 100 toko yang digambarinya, termasuk gerai cukur rambut, toko teh, bahkan supermarket tempat masyarakat setempat belanja sehari-hari. (REUTERS/Feisal Omar)
Karya-karyanya identik dengan warna-warni nan cerah serta garis yang tegas namun sederhana. Ia biasa menggambar di ‘kanvas’ besar sepert dinding. (REUTERS/Feisal Omar)
Inspirasinya adalah kegiatan sehari-hari di Somalia. Bisa rokok sisha yang biasa diisap masyarakat, kebutuhan sehari-hari, bahkan lampu bohlam warna-warni. (REUTERS/Feisal Omar)
Adalah sang ayah yang mewariskan bakat itu padanya. Ayah Sidow juga seorang seniman komersial. Ia punya bisnis seni lukis yang diwariskan pada anaknya tahun 1998. (REUTERS/Feisal Omar)
Di tangan Sidow, bisnis itu sukses besar. Uang yang didapatnya bukan hanya bisa menopang keluarganya, tetapi juga keluarga ayahnya dan lainnya. (REUTERS/Feisal Omar)
Kini Sidow bukan hanya ‘corat-coret’ di dinding. Ia juga mengajar seni. Katanya, banyak seniman yang menjadi muridnya kini sudah bisa cari uang sendiri. (REUTERS/Feisal Omar)
Meski sudah sukses, bisa menghidupi keluarganya dan menjadi inspirasi bagi seni lain, Sidow masih punya mimpi lain yang ingin dicapai. Itu masih terkait seni. (REUTERS/Feisal Omar)
“Jika Tuhan menghendaki, saya harap saya juga akan bisa menggambar di negara tetangga,” demikian Sidow mengungkapkan mimpi terbesarnya. (REUTERS/Feisal Omar)