Kota Ambon Direncanakan Menjadi 'Kota Musik'

ANTARA, CNN Indonesia | Sabtu, 05/08/2017 09:42 WIB
Kota Ambon Direncanakan Menjadi 'Kota Musik' Glenn Fredly saat tampil dalam acara CNN Indonesia Music at Newsroom. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Ambon di Maluku akan menjadi tuan rumah penyelengaraan Konferensi Musik Indonesia yang akan berlangsung pada 9-12 Oktober 2017.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan kalau saat ini rencana tersebut sedang disusun bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Tak hanya susunan acara, begitu juga dengan rencana pencanangan Ambon sebagai Kota Musik.


“Konferensi akan dihadiri para musisi Indonesia. Kami berharap, ajang ini juga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para musisi di Ambon,” kata Richard, seperti yang dilansir dari Antara pada Sabtu (5/8).


Dalam rencana perwujudan Kota Musik, tentu saja akan semakin banyak dibangun studio rekaman dan panggung musik di Ambon.


Ditambah juga dengan pembangunan museum musik yang bertujuan untuk mengenang kiprah musisi legendaris Indonesia.

Budaya bermusik di Ambon memang sangat kental, tak heran banyak musisi kenamaan Indonesia yang berasal dari sana.


Barry Likumahuwa, Franky Sahilatua, Broery Pesolima, Glenn Fredly, Andre Hehanusa, Daniel Sahuleka, Ello Tahitu, Harvey Malaiholo, Melly Goeslaw, Ruth Sahanaya dan Utha Likumahuwa, merupakan sederet musisi yang dikenal lahir dari sana.

"Kami berharap rencana ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, sehingga upaya untuk mewujudkan Ambon sebagai kota musik dapat berjalan dengan baik," ujar Richard.

(ard)