Dream Theater Dua Hari Berturut-turut 'Guncang' Yogyakarta

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 30/08/2017 19:40 WIB
Dream Theater Dua Hari Berturut-turut 'Guncang' Yogyakarta Dream Theater kembali ke Jakarta September mendatang. (ANTARAFOTO/ Andika Wahyu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band metal asal Amerika Serikat, Dream Theater kembali menginjakkan kaki di Indonesia pada akhir September mendatang. Berbeda dari kedatangan tiga tahun silam, kali ini band yang dibentuk pada 1985 itu tidak akan tampil di ibukota Jakarta, melainkan Yogyakarta.

Grup yang digawangi James LaBrie (vokal), John Petrucci (gitar), John Myung (bass), Jordan Rudess (keyboard), dan Mike Mangini (drum) ini akan menjadi penampil utama dalam gelaran JogjaROCKarta: International Rock Music Festival, 29-30 September 2017.

Tak tanggung-tanggung, Dream Theater akan tampil selama dua hari berturut-turut.



"Dream Theater tampil dua hari berturut-turut ini baru terjadi pertama kali di Indonesia dan di gelaran edisi perdana JogjaROCKarta," kata Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication dalam jumpa pers di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (30/8).

Sebelumnya, Anas mengatakan bahwa gelaran ini hanya dilangsungkan selama satu hari. Namun tingginya antusiasme penggemar, yang ditandai dengan ludesnya 3.000 tiket dalam hitungan jam, membuat mereka menambah hari. Dream Theater pun tetap sebagai penampil utama.

Kendati sudah menetapkan jadwal, lokasi masih dalam tahap pertimbangan. Anas menyebut ia menargetkan gelaran tersebut berlangsung di area Candi Prambanan. Namun, ada kendala perizinan yang masih diurus. Anas pun menjadikan Stadion Kridosono lokasi cadangan.


"Lokasi pastinya di Yogyakarta. Namun kami akan informasikan lebih lanjut, setelah ada Dirjen Warisan Budaya yang masih mengkaji untuk penggunaan festival musik rock di area Candi Prambanan," katanya.

Yogyakarta sendiri dipilih, kata Anas, untuk mengeksplorasi dan mendorong daerah lain agar berani menggelar festival internasional.

"Kami ingin usung pariwisata daerah ini, dan saya kira ini jadi alasan untuk membuktikan Indonesia aman untuk di setiap daerahnya, Indonesia bukan hanya Jakarta," katanya.


God Bless Ikut Tampil

Selain Dream Theater, festival ini turut dimeriahkan sejumlah musisi ternama Indonesia seperti God Bless, Burgerkill, Deadsquad, Roxx, Pas Band, Power Metal, Death Vomit, Kelompok Penerbang Roket dan Something Wrong.

God Bless ikut memeriahkan panggung Dream Theater di Yogyakarta September mendatang.God Bless ikut memeriahkan panggung Dream Theater di Yogyakarta September mendatang. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
God Bless mengungkapkan antusiasmenya berbagi panggung dengan Dream Theater. Mereka akan tampil tepat sebelum band pelantun The Spirit Carries On itu naik ke atas pentas.

"Waktu Dream Theater main di Ancol dulu, itu luar biasa meski ada kesalahan teknis. Sekarang ini jadi kesempatan langka bagi kami," ujar Ian Antono, gitaris God Bless.


"Mereka itu bisa dibilang master, bahkan profesor musik. Dari skill luar biasa, saya ikut nonton juga yang di Ancol, walau ada kesalahan kami nontonnya puas," tambah Ahmad Albar.

Sejumlah kelompok nirlaba serta seniman visual pun diundang untuk ikut andil dalam acara tersebut. Bakkar Wibowo selaku Project Director JogjaROCKarta menuturkan, panggung akan diberi sentuhan seni yang mencerminkan Yogyakarta sebagai Kota Budaya, dari perupa lokal.

"Panggung sengaja akan kami desain dengan sentuhan dari seniman dan perupa. Kami ingin menonjolkan sisi seni yang memang Yogyakarta dikenal seperti itu," katanya.


Tiket JogjaROCKarta dibagi ke dalam dua kategori: Festival A (Rp 900 ribu) dan Festival B (Rp 450 ribu). Penjualan tiket akan kembali dibuka pada 2 sampai 4 September mendatang.