Pennywise 'IT' Diprotes Kelompok Badut Dunia

Rizky Sekar Afrisia , CNN Indonesia | Kamis, 14/09/2017 01:52 WIB
Pennywise 'IT' Diprotes Kelompok Badut Dunia Pennywise dianggap merusak citra badut. (Warner Bros. Entertainment Inc/Brooke Palmer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mimpi buruk pencinta film mungkin bukan lagi biarawati bernama Valak atau boneka Annabelle. Mereka, terutama anak-anak, punya mimpi baru bernzma Pennywise.

Ia merupakan sosok badut yang menjadi karakter jahat dalam film IT.

Tak seperti badut yang identik dengan sosok lucu dan penghibur anak-anak, Pennywise justru mendekati bocah untuk memakan mereka setiap 27 tahun sekali.


Bill Skarsgard, aktor yang memerankan Pennywise berhasil membuat film itu sukses besar. Dari pekan pertamanya saja, IT sudah meraup lebih dari seratus juta dolar di Hollywood.

Namun keberhasilan Skarsgard menakuti penonton IT mencelakai para badut sungguhan.

Perwakilan kelompok Clowns International dan World Clowns Association, Rob Bowker dan Andy Davis mengatakan mereka bukan penggemar film IT. Mereka menganggap badut yang menakutkan dimainkan terlalu berlebihan dalam film itu. Peran itu juga ‘menyesatkan.’


“Itu bukan badut,” kata mereka berbarengan, saat ditanya pendapatnya soal Pennywise.

“Itu adalah film horor dan dia harus makan setiap 27 tahun. Dia bisa berubah menjadi makhluk yang berbeda-beda, salah satunya badut,” kata Bowker menjelaskan Pennywise.

Menurutnya, IT yang diangkat dari novel laris Stephen King dan pernah dibikin serialnya pada 1990-an, hanya salah satu film Hollywood yang dibuat dengan bujet rendah.


“Tidak butuh Tom Cruise. Si aktor hanya memainkan badut. Saya bahkan tidak pernah dengar tentang dia sebelumnya,” kata Bowker melanjutkan, seperti dilansir dari NME.

Di dunia nyata, mereka menuturkan, ada banyak tipe badut. Tidak semua berhubungan dengan sirkus seperti Pennywise di film IT. Ada badut rumah sakit, gereja, pesta, juga teater.

Mereka sendiri sebenarnya jarang menghadapi warga dengan coolrophobia, alias ketakutan pada riasan badut dan topeng. Namun tetap saja, ada warga yang menundukkan pandangan atau menjauh dari mereka karena takut. Dan film IT dikhawatirkan membuat itu meningkat.