Ebiet G Ade Bakal Nyanyi Lagu Tak Biasa di Synchronize Fest

Puput Tripeni Juniman , CNN Indonesia | Rabu, 27/09/2017 14:41 WIB
Ebiet G Ade Bakal Nyanyi Lagu Tak Biasa di Synchronize Fest Ebiet G Ade mengaku akan menyanyikan lagu-lagu yang tak biasa di Synchronize Festival 2017. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival musik kekinian biasanya identik dengan penampilan penyanyi atau grup idola para muda-mudi. Namun, Synchronize ingin tampil beda, festival musik lokal beragam genre itu menggaet penyanyi lawas Ebiet G Ade.

Ebiet dipercaya mengisi salah satu panggung di Synchronize Festival yang bakal digelar akhir pekan depan, yakni 6-8 Oktober di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Penikmat musik kekinian tentu tak dekat dengan lagu-lagu dari Ebiet. Maklum, pria yang sudah berusia 63 tahun itu terkenal lewat tembang balada di era ’70-an hingga ’90-an. Namun, banyak lagu Ebiet yang masih diputar hingga saat ini.
Untuk memuaskan pemuda penikmat musik, Ebiet yang kaya pengalaman mengaku tak ada persiapan khusus. Hanya saja, dia akan membawakan nyanyian bergenre musik-puisi yang tak biasa agar memperkaya khazanah musik para pemuda.

"Untuk lagu-lagunya saya akan plihkan lagu-lagu yang tidak biasa, karena saya tahu bahwa yang hadir nanti banyak anak muda," kata Ebiet saat mengunjungi ruang redaksi CNNIndonesia.com.

Di sisi lain, Ebiet juga bakal membawakan tembang balada hit miliknya. Lagu-lagu populer itu dipersembahkan untuk para penggemar fanatik yang diprediksi Ebiet juga bakal datang menyaksikannya di Synchronize.
"Kalau saya tidak menyanyikan lagu yang menurut mereka hit dan bagus, nanti mereka mungkin akan kecewa. Jadi nanti saya mungkin akan bagi persentase yang secukupnya," tutur pelantun Berita Kepada Kawan itu.

Dalam penampilan nanti, Ebiet bakal menguasai panggung seorang diri tanpa berkolaborasi. Dia akan tampil dengan ciri khasnya yakni bernyanyi sambil duduk dan bermain gitar.

Sebagai penyanyi berusia senja, Ebiet mengaku sangat dihargai diundang tampil di festival musik generasi muda. Dia teringat perjuangan di awal karier bermusik yang tergolong indie.
"Saya sangat menghargai upaya mereka untuk membuat satu terobosan menghadirkan pemusik tua seperti saya, dihargai sebagai cikal bakal pemusik indie. Saya termasuk indie karena musik-puisi itu sangat terbatas," kata Ebiet.

Menurut Ebiet, di eranya lebih banyak festival musik untuk genre pop, sedangkan musik indie seperti musik-puisi yang dibawakan Ebiet boleh dibilang tak punya tempat.

Namun, Ebiet tetap bersikukuh dengan genre musik yang membawa tembang balada. Kegigihan itu terbukti berhasil hingga lagu-lagunya masih sering diputar hingga saat ini.
Sebelum tampil di Synchronize, Ebiet sempat menggelar konser di Taman Ismail Marzuki pada 6 September lalu. Dalam konser yang digelar selama dua jam 30 menit itu, ia memuaskan penggemar dengan menembangkan 21 lagu.

Ebiet bakal bersanding dengan penampilan seratusan musisi lain dari berbagai genre musik di lima panggung Synchronize Festival 2017 pada 6, 7, 8 Oktober 2017.