Awal Pekan Buruk Kevin Spacey: Lecehkan Aktor & Mengaku Gay

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 30/10/2017 16:05 WIB
Awal Pekan Buruk Kevin Spacey: Lecehkan Aktor & Mengaku Gay Kevin Spacey dituding melecehkan aktor berusia 14 tahun, lalu ia mengaku sebagai gay. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus pelecehan seksual di kalangan selebriti bukan hanya bisa melanda perempuan. Aktor Star Trek: Discovery Anthony Rapp baru saja mengaku bahwa dirinya trauma karena pernah dilecehkan oleh aktor Kevin Spacey. Ironisnya, Rapp saat itu masih berusia 14 tahun.

Spacey sendiri 12 tahun lebih tua, usianya sudah 26 tahun kala itu.

Menurut keterangan Rapp kepada BuzzFeed, ia dan temannya yang berusia 17 tahun diundang ke sebuah kelab malan oleh Spacey. Meski masih di bawah umur, mereka saat itu bisa masuk dengan mudah, bahkan ada di ruang VIP bersama Spacey. Selesai di sana, mereka belum boleh pulang. Spacey mengundang keduanya ke pesta di apartemennya di Manhattan. Mereka menurut.



“Pesta itu membosankan,” kata Rapp. Ia pun lebih banyak menghabiskan waktu dengan menonton televisi di kamar. Sampai larut malam, ia tak sadar bahwa tamu lain sudah pulang dan Spacey memandanginya sembari berdiri dari pintu kamar. Menurut Rapp, ia mabuk.

“Dia mengangkat saya seperti seorang mempelai pria mengangkat pengantin wanitanya melewati pintu. Tapi saya tidak langsung menggeliat, karena saya berpikir, ‘Apa yang terjadi?’ Lalu dia berbaring di atas saya,” tutur Rapp menceritakan pengalamannya. Ia langsung membeku.

Rapp yakin Spacey berusaha menggodanya. Beruntung Rapp bisa lolos dan mengunci diri di kamar mandi. Setelah beberapa saat, ia membuka pintu dan masih melihat Spacey bersandar ke pintu. “Dia bertanya, ‘Yakin kau mau pergi?’ Saya jawab, ‘Ya, selamat malam.’”


Rapp pun melangkah keluar dari apartemen bintang pemenang Piala Oscar itu. Terlupakanlah kejadian pada 1986 itu. Namun Rapp ternyata tak pernah melupakannya.

Kini, saat Hollywood tengah diramaikan kasus pelecehan seksual dan selebriti berbondong-bondong berani bicara di hadapan publik bahwa mereka pernah dilecehkan, Rapp baru mengungkapkan pengalamannya. Namun Spacey langsung membantah ia pernah melakukan itu.

Melalui akun Twitter bintang House of Cards itu mengatakan pada Senin (30/10) bahwa dirinya terkejut mendengar cerita Rapp. Ia mengaku menghormati dan mengagumi Rapp.



“Sejujurnya saya tidak ingat pernah melakukan itu, kejadiannya lebih dari 30 tahun lalu,” tulis sang aktor yang kini sudah berusia 58 tahun itu. “Tapi jika saya melakukan seperti yang dia deskripsikan, saya berutang maaf atas apa yang saya sebut perilaku mabuk yang tidak pantas, dan saya minta maaf atas perasaan yang dibawanya selama ini,” lanjutnya.

Yang mengejutkan, ungkapan Spacey tidak berhenti sampai di situ. Melalui unggahan yang sama ia sekaligus mengakui dirinya selama ini memang punya orientasi seksual berbeda.

“Seperti orang-orang dekat saya tahu, dalam hidup saya pernah berhubungan dengan laki-laki maupun perempuan. Saya pernah mencintai dan punya hubungan romantis dengan pria dalam hidup saya, dan saya memilih untuk hidup sebagai seorang homoseksual,” ia menulis lagi.


Ia menegaskan, “Saya ingin menghadapi ini dengan jujur dan terbuka.”

Seperti diberitakan The Guardian, Spacey selama ini dikenal sebagai sosok yang sangat menjaga kehidupan pribadinya. Ternyata, direktur artistik di perusahaan teater London’s Old Vic itu pun mengakui, orientasi seksualnya lah yang menjadi alasan di balik itu.

Spacey mungkin merasa lega setelah mengakui rahasia besar hidupnya. Namun ia kini justru menjadi bulan-bulanan di media sosial. Akun @billyeichner misalnya, menulis di Twitter, “Kevin Spacey baru saja menciptakan sesuatu yang tidak pernah ada sebelumnya: waktu yang buruk untuk sebuah pengakuan.” Akun @larrywilmore juga menganggap Spacey salah.













Kebanyakan dari netizen mempermasalahkan Spacey yang menganggap pelecehan seksual itu sebagai akibat dari perilaku mabuk. Ia juga seakan menganggapnya bukan sebuah kesalahan untuk menggoda aktor muda, meski telah meminta maaf, karena orientasi seksualnya berbeda.

Spacey belum berkomentar lebih lanjut atas reaksi di internet itu. (rsa)