VIDEO: Seni Bendera dari Semut & Pasir di Museum MACAN

Aulia Bintang Pratama & Puput Tripeni Juniman & , CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 20:15 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kini punya museum seni dan kontemporer bernama Museum MACAN, singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum MACAN yang berlokasi di Jakarta Barat ini merupakan museum seni dan kontemporer pertama di Indonesia.

Di lahan seluas 4000 meter persegi ini, terdapat 90 koleksi seni modern dan kontemporer. Museum MACAN membagi koleksinya menjadi empat masa waktu seni di Indonesia, yakni sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, masa transisi, dan globalisasi.

Koleksi itu berasal dari 70 seniman dari seluruh dunia, 50 persen di antaranya Indonesia, sisanya dari negara Asia, Eropa, dan Amerika. Karya-karya kenamaan seperti lukisan Raden Saleh, Walter Spies, dan Andy Warhol bisa dinikmati di museum itu.

Salah satu koleksi unik dari Museum MACAN adalah karya seniman Jepang Yukinori Yanagi. Dia membuat bendera negara ASEAN dan beberapa negara Asia Timur dari pasir berwarna dan 5000 semut. Ini adalah pameran pertamanya di Indonesia dan ia memamerkan karya terbarunya.