FOTO: 'Rumah' Seni Kontemporer Pertama Indonesia

CNN Indonesia/Hesti Rika, CNN Indonesia | Jumat, 03/11/2017 21:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kini punya museum untuk menampung perjalanan seni dan seni kontemporer yakni Museum MACAN yang baru dibuka  umum besok di Jakarta Barat.

Indonesia kini punya museum modern, Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Akan ada pameran pertama bertajuk
Museum ini memamerkan 90 koleksi yang menelusuri sejarah modern Indonesia. Museum MACAN membagi perjalanan seni modern Indonesia dalam empat babak yang dimulai sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, masa orde baru-orde lama, hingga era globalisasi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sebelum kemerdekaan seniman banyak menampilkan lukisan yang menggambarkan kondisi Indonesia yang ideal lantaran banyak terpengaruh dari penjajah. Karya Raden Saleh, Walter Spies, Miguel Covarrubias dan I Gusti Nyoman Lempad terpanjang di area ini. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Setelah kemerdekaan, Museum MACAN mendeskripsikan seni Indonesia dalam babak ‘Pergulatan Seputar Bentuk dan Isi’. Seniman Indonesia dianggap masih mencari identitas artistik. Pada era ini para seniman banyak memberikan nilai universal, eksperimental dan kemasyarakatan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Karya seni di Museum MACAN baru dibuka pada 4 November, namun sudah ada publik terbatas yang bisa mengaksesnya. Mereka bisa mengabadikan koleksi seni nan menarik di museum ini, seperti pengunjung yang memfoto karya seniman Jumadi Alfi yang berjudul Serie Penanda/ Tanda #007 / Surat Merah. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Karya Rudi Mantofani yang berjudul Dunia Jatuh ke Bumi replika globe yang menampilkan negara-negara di dunia. Karya ini menjadi koleksi yang berada di tengah museum dan ditempatkan antara masa Orde Baru-Orde Lama menuju era globalisasi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Ini merupakan lukisan karya Entang Wiharso yang berjudul Melt (2008) yang masuk dalam babak seni era globalisasi. Pengunjung tampak melintas di depan lukisan di atas kanvas yang terbuat dari akrilik, cat semprot, cat mobil, dan minyak itu. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Seni kontemporer karya Yayoi Kusama seniman asal Jepang yang berjudul Infinty Mirrored Room - Brillance of the Souls juga ditampilkan. Eksibisi ini berupa sebuah ruangan kubik dengan kolam air dan lampu warna warni. Pengunjung hanya diberi waktu 45 detik untuk memasuki ruangan ini. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)