FFI 2017

Polling CNN: 'Cek Toko Sebelah' Dijagokan Jadi Film Terbaik

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 10:05 WIB
Polling CNN: 'Cek Toko Sebelah' Dijagokan Jadi Film Terbaik Berdasarkan polling CNNIndonesia.com, netizen menjagokan film 'Cek Toko Sebelah' membawa pulang Piala Citra kategori Film Terbaik FFI 2017. (Dok. Starvision via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam puncak penganugerahan Festival Film Indonesia 2017 akan digelar Sabtu (11/11) malam di Manado, Sulawesi Utara. Belasan film bersaing memperebutkan Piala Citra, namun hanya ada satu film yang akan memenangkan titel paling bergengsi yaitu Film Terbaik.

Ada lima film dengan genre yang berbeda-beda menjadi nomine kategori Film Terbaik FFI 2017. Mereka adalah Cek Toko Sebelah, Kartini, Night Bus, Pengabdi Setan, dan Posesif.

Meski pemenang kategori puncak tersebut adalah pilihan Dewan Juri FFI 2017, namun penonton dan netizen memiliki jagoannya sendiri.



CNNIndonesia.com mencoba menjaring suara netizen akan nomine Film Terbaik yang difavoritkan membawa pulang Piala Citra tahun ini untuk kategori tersebut.

Melalui jajak pendapat dalam dua media sosial, yaitu Facebook dan LINE pada Kamis (9/11) dan Jumat (10/11), terkumpul 773 suara yang telah memberikan pendapat mereka soal film yang dijagokan membawa Piala Citra kategori Film Terbaik.

Berdasarkan hasil jajak pendapat, film karya Ernest Prakasa yaitu Cek Toko Sebelah mendapatkan dukungan paling banyak dengan perolehan 42 persen.



Film yang mengisahkan kelompok masyarakat minoritas dan pluralisme itu mendapatkan dukungan paling besar dari pengguna LINE yang banyak digunakan oleh generasi milenial atau kelompok muda.

Posisi ke-2 yang menjadi favorit pembaca CNNIndonesia.com untuk membawa pulang Piala Citra kategori Film Terbaik adalah karya Joko Anwar, Pengabdi Setan.

Film horror terlaris sepanjang sejarah perfilman Indonesia itu mendapatkan suara dukungan sebesar 35,9 persen. Film garapan ulang versi 1980 ini mendapatkan dukungan lebih besar dari pengguna Facebook dibandingkan dengan Cek Toko Sebelah.

Di posisi tiga, ada film Kartini dengan 11,5 persen, menyusul Posesif dengan 7,6 persen dan Night Bus yang hanya mampu menjaring dua persen pembaca CNNIndonesia.com.

Sejak diumumkan pada 6 Oktober lalu, kategori Film Terbaik FFI 2017 menjadi salah satu nominasi yang menantang bagi Dewan Juri FFI 2017 yang diketuai Riri Riza.

"Kami ingin mencari yang memiliki kejernihan, kejelasan gagasan dan tema. Setiap film tidak perlu terlalu larut dalam aspek teknisnya, tapi cerita jelas karakter, tokoh dalam film punya gagasan," kata Riri, beberapa waktu lalu.

Menurut Riri, lima nomine Film Terbaik kali ini sudah memiliki gagasan dan tema yang unggul dibanding film-film lainnya. Lima film itu juga menyuguhkan genre yang berbeda sehingga memperkaya penilaian.


Dari segi jumlah wakil di keseluruhan nominasi, film Kartini menjadi yang terbanyak dengan 14 nominasi. Angka itu disusul dengan Pengabdi Setan dengan 13 nominasi.

Meski pembaca CNNIndonesia.com memiliki jagoannya sendiri, Dewan Juri FFI 2017 sudah melakukan penilaian yang berlangsung sejak 10 hingga 24 Oktober lalu. Hasil penjurian ditabulasi oleh lembaga akuntan publik.

Hasil pasti pemenang Piala Citra FFI 2017 bisa disimak dalam live report CNNIndonesia.com, malam ini (11/11) mulai pukul 19.00 WIB. (end)