'Get Out' Bersaing di Kategori Komedi pada Golden Globes 2018

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 17/11/2017 15:31 WIB
'Get Out' Bersaing di Kategori Komedi pada Golden Globes 2018 Get Out dimasukkan sebagai calon nomine Golden Globes 2018. (Dok. Universal Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film-film mulai bersaing menjadi nomine di Golden Globe Awards 2018. Ajang penghargaan untuk insan perfilman Hollywood itu akan digelar di California, Januari mendatang.

Nominasi belum diumumkan, namun rumah-rumah produksi sudah mendaftarkan filmnya.

Salah satunya Universal Pictures, yang tahun ini menjagokan Get Out. Namun anehnya, film yang sarat akan isu rasialisme itu justru dimasukkan dalam kategori komedi.



Padahal sejak dirilis pada Februari lalu, Get Out sebenarnya dimaksudkan bergenre horor atau thriller. Namun tidak ada kategori itu di Golden Globes. Sementara film itu dianggap tidak cocok dimasukkan dalam drama. Maka Universal Pictures menjagokannya untuk komedi.

Disebut-sebut, mengutip Independent, itu sebenarnya dilakukan sebagai langkah cerdik dari Universal Pictures. Di kategori komedi/musikal, Get Out tidak akan punya banyak saingan.

Di kategori drama, sudah ada film populer lain seperti Dunkirk, Call Me By Your Name, Phantom Thread, dan The Post. Sutradara masing-masing film itu sangat ternama. Dunkirk disutradarai Christopher Nolan, sementara The Post digawangi si gaek Steven Spielberg.


Di kategori komedi/musikal, meski belum pasti, Get Out akan bersaing dengan film-film seperti The Disaster Artist, I, Tonya yang dibintangi Margot Robbie serta The Big Sick.

Get Out sendiri sebenarnya tak bisa dipandang sebelah mata. Ia disebut-sebut sebagai film paling menguntungkan bagi Universal Pictures di 2017. Ia menyindir rasialisme dengan cerdas, dengan menceritakannya lewat kisah asmara pria kulit hitam dan wanita kulit putih.

Film itu seakan membukakan mata sekaligus menohok bagi penjunjung white supremacy.

[Gambas:Youtube]

Mengutip Independent, Get Out membawa pulang US$235 juta dari box office global. Padahal biaya produksinya hanya US$4,5 juta. Film itu dibintangi Daniel Kaluuya.

Sutradara sekaligus penulisnya, Jordan Peele sudah merespons soal dimasukkannya filmnya ke kategori komedi oleh Universal Pictures. Melalui Twitter ia menegaskan, “Get Out adalah film dokumenter.” Cuitan itu langsung disukai lebih dari 350 ribu pengguna Twitter.



Sebelumnya, saat diwawancara CBS Peele pernah berbicara soal hubungan antara horor dan komedi dalam filmnya. Katanya, “Keduanya tentang kejujuran. Jika Anda tidak mengakses sesuatu yang terasa benar, Anda tidak melakukannya dengan benar.”

“Anda harus sangat merasakan penonton dan emosi mereka,” katanya melanjutkan, seperti dikutip NME.

Nominasi Golden Globes akan diumumkan pada 11 Desember mendatang. (rsa)