Album Solo Jonghyun Masuk Tangga Musik Dunia di Pekan Debut

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 21:07 WIB
Album Solo Jonghyun Masuk Tangga Musik Dunia di Pekan Debut Penggemar Jonghyun masih menunjukkan kesetiaan mereka dengan membuat album solo anumerta mendiang anggota SHINee itu masuk tangga musik dunia di pekan debut. (Dok. SM Town)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski sosok Jonghyun telah tiada, namun para penggemar anggota SHINee itu masih menunjukkan kesetiaan mereka. Album solo anumerta Jonghyun sukses memulai debut di jajaran tangga musik Billboard 200.

Album berjudul Poet | Artist yang dirilis pada 23 Januari lalu itu berhasil masuk deretan tangga musik dengan mengumpulkan penjualan lima ribu unit atau setara empat ribu penjualan album tradisional.

Pencapaian itu pun membuat Jonghyun sebagai penyanyi solo Korea Selatan ke-empat yang berada di Billboard 200. Dia menyusul prestasi yang telah lebih dulu di dapat BoA, G-Dragon, dan Taeyang.



Selain itu, Poet | Artist pun dilaporkan berhasil menguasai tangga musik Billboard World Albums. Itu membuat Jonghyun bergabung sebagai musisi besar Korea yang telah menduduki puncak tangga musik beberapa kali.

Sebelumnya, dia telah meraih posisi nomor satu di tangga musik tersebut dengan album Base yang dirilis pada 12 Januari 2015.

Mengiringi perilisan album Poet | Artist, kala itu pihak label SM Entertainment turut meluncurkan video musik untuk lagu Shinin.

[Gambas:Youtube]

Video berdurasi tiga menit itu turut menampilkan aksi Jonghyung melantunkan lagunya di berbagai tempat, termasuk sebuah stasiun radio dan di depan studio musik.

Tak lama setelah dirilis, album itu langsung menduduki posisi nomor satu di 24 negara termasuk Argentina, Brazil, Guatemala, Malaysia dan Ukraina.

Selain itu, lagu itu juga mengisi nomor dua tangga musik iTunes di Amerika Serikat dan Australia.


Menurut SM, nantinya seluruh keuntungan dari penjualan album akan diberikan kepada ibu Jonghyun dan digunakan sebagai pembentukan sebuah organisasi untuk membantu mereka yang hidup dalam situasi sulit.

Di sisi lain, anggota SHINee yang tersisa akan berlanjut dengan empat personel dan dijadwalkan mengadakan konser di Jepang bulan depan.

Awal bulan ini, SHINee mengumumkan konser awal dengan menuliskan surat tulisan tangan kepada penggemarnya. (end)