Michelle Obama Tersentuh Pengalaman Menulis Buku

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 26/02/2018 20:50 WIB
Michelle Obama Tersentuh Pengalaman Menulis Buku Michelle Obama akan menerbitkan memoar berjudul 'Becoming.' (REUTERS/Jim Bourg)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buku memoar Michelle Obama akan segera diterbitkan. Menurut keterangan pers yang disebarkan CEO penerbit Penguin Random House, buku itu akan berjudul Becoming.

Rencananya, memoar itu diterbitkan November mendatang.

Michelle Obama menyampaikan kabar yang sama melalui Twitter-nya, seperti dikutip Deadline.




Sebelumnya ia pernah mengungkapkan, menulis Becoming memberinya pengalaman personal yang mendalam. Untuk pertama kalinya, kata Michelle, ia merefleksikan hidup secara jujur.

"Dalam buku ini, saya bicara soal akar saya dan bagaimana seorang anak perempuan dari South Side, Chicago menemukan suaranya dan mengembangkan kekuatan menggunakannya untuk menguatkan orang lain," kata mantan ibu negara yang mendampingi Barack Obama itu.

Michelle melanjutkan, "Saya harap perjalanan saya menginspirasi pembaca untuk menemukan dukungan menjadi siapa pun yang mereka inginkan. Saya tak sabar membagi cerita saya."


Setelah buku itu diterbitkan November mendatang, akan ada tur keliling Amerika Serikat dan internasional. Michelle dipastikan ikut ke beberapa daerah untuk berbagi cerita.

Becoming sendiri akan diterbitkan dalam 24 bahasa. Ada pula versi audionya, yang dibacakan langsung oleh Michelle. Buku itu dihargai US$32,50 di AS dan US$14,99 untuk versi digital. Sejuta kopi buku akan didonasikan untuk organisasi nonprofit, First Book.

Bukan hanya Michelle yang menulis buku usai tak lagi tinggal di Gedung Putih.


Mantan Presiden AS Barack Obama pun disebut menulis memoar, namun tanggal rilisnya belum ditentukan. Rencana pembuatan memoar itu sduah ada sejak tahun lalu. Mereka memercayakannya pada Crown, perusahaan percetakan milik penerbit Penguin Random House.

Proyek untuk dua buku sekaligus, mengutip Deadline, dihargai US$60 juta atau Rp819 miliar.

Sebelum-sebelumnya, memoar yang ditulis mantan Ibu Negara hampir selalu laris. Apalagi Michelle termasuk sosok yang dikagumi dan ia tak banyak menceritakan masa lalunya.

Michelle Obama menemani Barack Obama dua periode memerintah Amerika Serikat.Michelle Obama menemani Barack Obama dua periode memerintah Amerika Serikat. (REUTERS/Yuri Gripas)
Ini bukan buku pertamanya, mengingat Michelle pernah menulis American Grown pada 2012. Hanya saja, itu bukan memoar, melainkan buku tentang berkebun. (rsa)