Drama Pencurian Piala Frances McDormand Usai Oscar 2018

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 08:01 WIB
Drama Pencurian Piala Frances McDormand Usai Oscar 2018 Piala Oscar yang didapatkan Frances McDormand atas perannya dalam 'Three Billboards' nyaris lenyap digondol maling, seusai Oscar 2018 dilaksanakan. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen kemenangan Frances McDormand mendapatkan Aktris Terbaik dalam piala Oscar 2018 adalah satu yang berkesan dalam acara itu. Namun setelahnya, nyaris jadi mimpi buruk.

Piala Oscar yang diraih McDormand sempat dicuri ketika ia bersama undangan Academy Awards ke-90 lainnya menghadiri the Governors Ball, pesta yang diadakan setelah acara Oscar.

Namun upaya pencurian itu berhasil digagalkan oleh fotografer Alex Berliner dan teman-temannya. Diberitakan Variety, ia memergoki pria yang berniat membawa kabur piala Oscar milik McDormand dan memaksanya untuk mengembalikan piala tersebut.


Setelah mengembalikan piala Oscar milik McDormand, si pencuri kemudian kabur. Namun upaya kaburnya terhalang oleh pihak keamanan yang menjaga pesta penuh pesohor kelas dunia itu.


Pihak Kepolisian Los Angeles (LAPD) melaporkan bahwa pria yang dituduh mencuri piala Oscar milik Frances McDormand telah ditangkap dan diamanankan.

Si pencuri itu diketahui bernama Terry Bryant. Menurut juru bicara LAPD Rosario Herrera, untuk dapat dibebaskan, Bryant dapat dikenakan sanksi jaminan sebesar US$20 ribu atau Rp413 juta.

Wartawan New York Times Cara Buckley yang berada di lokasi menuturkan dalam akun Twitternya bahwa si pencuri ketahuan saat melakukan aksinya saat akan membawa kabur piala Oscar.

"Pihak keamanan Governor Ball mencari pria ini, yang mengambil piala Oscar milik Frances McDormand dan kabur dengannya. Fotografer [chef] Wolfgang Puck menghentikan dia, mengambil piala Oscar kembali, dan pria ini menghilang kembali ke pesta tersebut. Rupanya Frances meminta pria ini dilepaskan," kata Buckley.



Governor Ball yang diadakan di Ray Dolby Ballroom merupakan after-party resmi dari rangkaian acara Academy Awards.

Perwakilan McDormand, Simon Halls mengonfirmasi kepada Variety bahwa piala tersebut telah dikembalikan ke aktris tersebut sebagai pemilik sahnya.

"Setelah beberapa saat berpisah, Frances dan piala Oscar miliknya bahagia bisa bersama kembali," kata Halls. "Mereka merayakan momen bersatu itu dengan sebuah double cheeseburger,"

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Bryant diketahui sempat mengunggah sebuah video yang menggambarkan dia dengan piala tersebut ke akun Facebook miliknya.

Dari unggahan di media sosial, Bryant diketahui juga menghadiri acara 'papan atas' lainnya seperti SAG Awards dan Grammy Awards.

Berdasarkan catatan kepolisian, Bryant ternyata memiliki serangkaian rekaman kriminal, di antaranya pencurian, penyerangan, pencurian mobil.

Bahkan pada 2012, Pengadilan Los Angeles pernah menjatuhkan vonis satu tahun penjara atas dua kasus perampokan dan dua tuduhan tidak mematuhi pengadilan yang dilakukan Bryant. (end)