Cerita Suti Karno di Balik Atun 'Kejepit' Tanjidor

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 08/03/2018 14:35 WIB
Cerita Suti Karno di Balik Atun 'Kejepit' Tanjidor Insiden Atun 'kejepit' tanjidor masih jadi salah satu adegan yang masih dikenang oleh penggemar serial Si Doel Anak Sekolahan. Begitu pula yang dialami pemeran sosok Atun, Suti Karno. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Insiden Atun 'kejepit' tanjidor masih jadi salah satu adegan yang dikenang oleh penggemar serial Si Doel Anak Sekolahan. Begitu pula yang dialami pemeran sosok Atun, Suti Karno.

Kala ditemui CNNIndonesia.com dalam konferensi pers Si Doel The Movie di Galeri Semesta, Lebak Bulus, pada Rabu (7/3), Suti sedikit mengenang sembari mengisahkan di balik kejadian tersebut.

"Pasti diingat. Karena pas adegan itu banyak yang spontan, kayak Babe [mendiang Benyamin Sueb] enggak bilang mau ada adegan melompati kepala saya. Itu ketendang gara-gara sarungnya kesangkut, sakit dan benar-benar nangis, dari pada diulang," kenang Suti.


Suti pun memaparkan adegan itu sendiri berawal pada keisengan Atun memainkan tanjidor milik Doel yang diperankan Rano Karno. Ia awalnya senang-senang saja bahkan tertawa saat menjajal tanjidor.


Hingga satu kali, ia menyadari tanjidor itu tidak bisa dilepas karena tersangkut di perut.

"Sebetulnya itu tanjidor yang dipinjem si Doel, Atun sok mainin, masang sendiri terus kejeblos. Itu kan cerita, sebenarnya bisa keluar masuk," katanya. Namun ia tetap harus mengenakan itu selama proses syuting.

"Syutingnya lumayan luka-luka di perut, apalagi harus naik turun oplet, ke rumah sakit, tukang pijet. Pas naik oplet pun sempat luka semua di kaki lecet. Ya tapi itu sudah risiko," tuturnya.

Selain mengenang adegan ikonis yang ia perankan, Suti turut berbagi cerita di balik keterlibatannya dan para pemain lama sinetron Si Doel untuk membintangi Si Doel The Movie.

Cerita Suti Karno di Balik Atun 'Kejepit' TanjidorRano Karno berhasil mengumpulkan kembali pemeran serial Si Doel untuk proyek film cerita anak Betawi itu. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)


Suti mengisahkan Rano Karno berinisiatif menghubungi semua pemeran dalam serial Si Doel dan menanyakan kemungkinan membuat proyek film tersebut, mengingat kesibukan masing-masing.

Tawaran Rano itu berbuah manis. Semua pemain bersemangat untuk kembali berakting di depan kamera film, termasuk Cornelia Agatha yang lama tak berkabar.

Namun sayangnya tak semua pemain serial Si Doel bisa bergabung, seperti Basuki sang pemeran Karyo yang meninggal pada 12 Desember 2007, setahun setelah serial itu usai. Karyo dikisahkan menikah dengan Atun.

"Walaupun tidak lengkap karena sudah ada yang pergi duluan, tapi paling enggak bisa jaga silahturahmi, itu yang penting," kata Suti.


"Yang senang Mak Nyak masih ada meskipun sakit dan alhamdulillah masih bisa ikut syuting," tambahnya sembari mengatakan bahwa pemain Si Doel kerap kumpul pada momen-momen tertentu.

Nantinya, Suti yang kembali bermain sebagai Atun masih akan memerankan karakter ikonis itu. Yang berbeda, Atun kini telah memilik anak dari pernikahannya dengan Karyo, Abi Kartubi (diperankan Ahmad Zulhoir).

"Atun masih sama, yang beda sekarang anaknya yang 'ngeyel' dulu lakinya, anaknya main mulu, ke warnet, ya anak sekarang deh. Dan Atun udah kayak Enyak, yang ngomel mulu," ujarnya.

[Gambas:Youtube]

Tidak hanya Suti yang akan kembali berperan sebagai Atun pemain-pemain lama seperti Rano Karno akan kembali menjadi Doel, Maudy Koesnaedy sebagai Zaenab, Cornelia Agatha sebagai Sarah, serta didukung aksi Mandra, Ahong, dan Fahreyza yang juga akan kembali bermain.

Meski demikian, belum ada kepastian jadwal tayang dari film yang akan berfokus pada nasib cinta segitiga antara Doel, Sarah, dan Zaenab. (end)




BACA JUGA