'Potret' Stephen Hawking dalam Film dan TV

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 12:33 WIB
'Potret' Stephen Hawking dalam Film dan TV Kisah hidup ilmuwan Stephen Hawking pernah beberapa kali difilmkan. (Courtesy of Universal Pictures International/Liam Daniel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ahli fisika Stephen Hawking meninggal dunia di kediamannya di Cambridge, Inggris pada Selasa (13/3) dini hari, waktu setempat. Kabar duka tersebut pertama kali diungkapkan oleh Lucy, Robert, dan Tim yang merupakan anak-anak Hawking.

"Kami berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah kami pada hari ini. Kami akan merindukannya selamanya," tulisnya dalam keterangan resmi seperti dilansir Sky.

"Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa yang ide dan warisannya akan diteruskan selama bertahun-tahun".



Dengan kiprahnya sebagai ilmuwan ternama, Hawking sempat turut terlibat dalam beberapa judul film, baik secara langsung maupun dipersembahkan karya lewat film bertema biopik.

Berikut sejumlah film yang melibatkan ilmuwan kelahiran Oxford, Inggris itu.

The Theory of Everything

Dibintangi aktor Eddie Redmayne, film biopik ini dirilis pada 2014. Dalam film itu Redmayne memerankan sebagai Hawking, mulai dari kehidupan sebagai anak kuliahan yang sedang mencari inspirasi untuk tesisnya, sampai saat diserang penyakit saraf motorik yang membuatnya sulit mengontrol gerak dan tak bisa bicara.

Redmayne bisa sangat pas menirukan gerak-gerik dan mimik wajah Hawking. Ia berjalan, tersenyum, berbicara, bahkan menelengkan kepala mirip dengan fisikawan itu.


Berkat kepiawaian perannya itu, Redmayne sendiri bahkan diganjar ragam piala penghargaan untuk kategori Aktor Terbaik. Mulai dari Screen Actors Guild Award, Golden Globe Awards, Bafta, serta Oscar.

Tak ayal, Hawking pun ikut bahagia saat mengetahui Redmayne membawa pulang Piala Oscar berkat dirinya. Rupanya, sang penggagas teori blackhole itu mengikuti kiprah Redmayne di Academy Awards ke-87. Itu terbukti dari cuitan Hawking di akun media sosialnya, sesaat setelah Oscar.

"Selamat kepada Eddie Redmayne atas kemenangannya di Oscar untuk memerankan saya di The Theory of Everything. Kerja bagus Eddie, saya sangat bangga dengan Anda," tulisnya kala itu.

[Gambas:Youtube]

Interstellar

Teori lubang hitam yang diteliti Hawking menjadi salah satu materi film Interstellar.

Dalam film itu, Cooper (Matthew McConaughey) jatuh ke dalam lubang hitam Gargantura. Karena pesawat Cooper hancur berantakan, dia mengevakuasinya dan berakhir di Tesseract, sebuah kubus empat dimensi. Dia akhirnya bisa keluar dari lubang hitam itu.

[Gambas:Youtube]

The Big Bang Theory
Hawking turut muncul dalam sinetron komedi garapan Chuck Lorre yang sangat populer, The Big Bang Theory. Dia muncul pada tayangan yang rilis tahun 2012 yang meninjau kinerja Sheldon yang diperankan Jim Parsons, Sheldon.
"Anda membuat kesalahan aritmatika di halaman dua. Itu sangat buruk," katanya

Hawking

Sebelum Redmayne, aktor Benedict Cumberbatch lebih dulu memerankan karakter Hawking dalam film biopik yang dirilis pada 2004. Diberi judul Hawking, film itu sendiri ditayangkan khusus di stasiun televisi Inggris.

Garis besar ceritanya tak jauh beda dengan yang diusung dalam The Teory of Everything. Kisahnya berfokus pada perjalanan hidup Hawking sebagai mahasiswa PhD di Universitas Cambridge dan perjuangannya melawan penyakit saraf motorik.

Film tersebut turut mendapat banyak pujian, khususnya atas kinerja Cumberbatch sebagai Hawking. Ia dinominasikan untuk Best Single Drama di BAFTA TV Awards pada 2005. Cumberbatch pun memenangkan Golden Nymph untuk Penampilan Terbaik Aktor Film TV atau seri mini dan menerima nominasi pertamanya di Bafta TV Awards untuk Aktor Terbaik.

Peran Cumberbatch sebagai Hawking adalah gambaran pertama fisikawan itu di layar.

[Gambas:Youtube]


Beyond the Horizon

Tidak banyak keterangan tentang film yang dirilis pada 2009 ini. Namun, berdasarkan keterangan di halaman IMDb, Hawking terlibat langsung sebagai dirinya sendiri di film yang diarahkan oleh Bruce Neibaur itu.

Pada keterangannya, dituliskan bahwa film ini menceritakan tentang reporter bernama Olivia yang ditugaskan untuk mengalahkan London Times.

Dia tengah berada di bawah tenggat waktu untuk menuliskan cerita tentang kosmologi dan makna keberadaan pada peringatan 100 tahun Einstein yang mengusulkan teori relativitas khusus. Dia pun dijadwalkan untuk mewawancari Stephen Hawking, sebagai ahli kosmologi.

The Simpsons
Hawking pun pernah muncul dalam beberapa episode serial animasi The Simpsons. Salah satunya pada 1999, Hawking digambarkan sedang menuju Springfield dalam episode berjudul They Saved Lisa's Brain.
Di episode itu ia tampil bersama kelompok anak Simpson Mensa yang menguasai kota. Dia pun tampak hadir untuk memberi saran atas teori Homer tentang alam semesta.
Star Trek
Dia juga sempat menjadi cameo yang tampil sebagai hologram dirinya sendiri dalam episode Star Trek pada 1993. Episode berjudul The Next Generation, itu menampilkannya bermain poker dengan Einstein dan Newton.

A Brief History of Time (1991)

Sebuah film dokumenter biografi tentang Stephen Hawking yang disutradarai oleh Errol Morris. Judul film ini diambil dari judul buku terlaris yang ditulis Hawking.

Meski buku tersebut berisi paparan tentang kosmologi, film ini menampilkan biografi hidup Hawking dengan wawancara para anggota keluarga, kolega, dan bahkan pengasuh sang ilmuwan.

(res)