Cerita Iko Uwais Ajari Aktor Hollywod Silat di 'Mile 22'

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 27/03/2018 12:22 WIB
Cerita Iko Uwais Ajari Aktor Hollywod Silat di 'Mile 22' Iko Uwais beradu akting dengan aktor dan aktris Hollywood di 'Mile 22.' (Dok. Facebook/The Raid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Iko Uwais baru saja merampungkan pengambilan gambar untuk Mile 22, film Hollywood lain yang akan kembali mengharumkan namanya setelah Star Wars: The Force Awakens dan Beyond Skyline. Syuting di Amerika sudah 'dibungkus' pada pertengahan Februari lalu.

Ia menceritakan, syuting Mile 22 memang sempat terkendala beberapa hal.

"Ini proyek sejak tiga tahun lalu, tapi delay karena tidak cocok jadwalnya," kata Iko di Jakarta, Senin (26/3). Ia baru berangkat syuting di Atlanta dan Kolombia bulan lalu.


[Gambas:Instagram]

Tak hanya ikut menjadi aktor, Iko dan dua bakat lain dari Indonesia juga didapuk sebagai koreografer untuk adegan aksi. Ia diminta mengolaborasikan adegan pertarungan di Mile 22 dengan gerakan-gerakan silat di The Raid, film yang melambungkan nama Iko.

Film garapan Gareth Evans itu memang dikenal di dunia, bahkan diputar di Amerika Serikat.

Di Mile 22, Iko pun mengajari beberapa bintang Hollywood, termasuk aktor gaek John Markovich dan aktris Ronda Rousey. Film itu juga membuatnya beradu akting dengan aktor kawakan Mark Wahlberg. Namun, Iko tidak menjelaskan detail interaksinya dengan mereka.


"Yang jelas semua sangat teratur, waktunya, kerjanya, fasilitas yang dikasih," ujarnya.

Film yang ditangani sutradara Peter Berg itu bukan kesempatan pertama Iko bermain dengan aktor Hollywood dan merasakan profesionalisme kerja di sana. Ia sudah pernah satu lokasi syuting dengan Harrison Ford di The Force Awakens. Ia juga membantu koreografi di sana.

Iko juga syuting bersama Frank Grillo di Infinite Studios Batam, untuk Beyond Skyline.


Mile 22, kata Iko, bercerita tentang petugas elite dari intelijen Amerika yang berusaha menyelundupkan polisi misterius dengan informasi sensitif dari sebuah negara asing. Untuk itu, ia pun dibantu unit komando taktis yang super rahasia.

Mengutip IMDb, Iko memerankan karakter bernama Li Noor. Disebut-sebut, ia merupakan polisi Indonesia yang membantu Wahlberg sebagai petugas elite intelijen AS, melawan kekerasan dan korupsi politik yang ekstrem. Iko sendiri menyinggung, ia memang menjadi agen di sana.

"Agen yang membantu kedutaan ke Bandara 22 Mile," katanya tanpa banyak penjelasan.


The Hollywood Reporter sebelumnya melaporkan, film itu akan tayang 20 Juli mendatang.

Syuting saat Istri Hamil

Ada kejadian menarik saat Iko syuting Mile 22 dikeliling aktor dan aktris Hollywood di Atlanta dan Kolombia. Baru seminggu Iko di Amerika, katanya, sang istri Audy Item masuk rumah sakit. Penyanyi Menangis Semalam itu tidak banyak bercerita alasan sakitnya.

Baru beberapa saat kemudian Iko tahu bahwa istrinya hamil anak kedua mereka.

[Gambas:Instagram]

"Surprise, senang banget sambut anak kedua," katanya.

Audy dan Iko, yang menikah pada 2012, sudah punya satu anak. Audy melahirkan putri pertamanya pada 2013. Anak bernama Atreya Syahla Putri Uwais itu kini sudah besar dan pintar silat seperti sang ayah. Kata Iko, itu karena ia biasa melihat orang berlatih.

Kini Iko belum mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung Audy. (rsa)