Pelecehan Seksual, Pemenang Nobel Sastra Tahun Ini Ditiadakan

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 14:43 WIB
Pelecehan Seksual, Pemenang Nobel Sastra Tahun Ini Ditiadakan Tahun ini tidak akan ada pemenang Nobel Sastra. (Ilustrasi/Dariusz Sankowski/StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini tidak akan ada ingar-bingar pemenang Nobel Sastra. The Swedish Academy, lembaga yang menyelenggarakan penghargaan Nobel baru mengumumkan itu Jumat (4/5) pukul 9 pagi waktu Swedia.

Seperti diberitakan The Guardian, ini merupakan kali pertama dalam 75 tahun juri dari The Swedish Academy tidak mengumumkan pemenang Nobel Sastra, penghargaan paling bergengsi yang seharusnya disampaikan pada Musim Gugur ini.

Namun sebagai gantinya, akan ada dua pemenang yang diumumkan sekaligus tahun depan.



Keputusan itu diambil setelah rapat semalaman yang diadakan bersama anggota The Swedish Academy. Itu terkait dengan tudingan pelecehan seksual yang belakangan menjadi kontroversi.

Baru-baru ini, mengutip The Guardian, terdapat laporan pelecehan seksual yang ditudingkan terhadap Jean-Claude Arnault, fotografer Perancis yang juga suami dari salah satu anggota The Swedish Academy, penyair Katarina Frostenson.

Arnault juga dituding membocorkan nama tujuh pemenang Nobel sebelumnya. Ia, tentu saja menolak dua tudingan yang dialamatkan kepadanya.


Setelah tudingan itu muncul di muka publik pada November lalu, tiga anggota juri penghargaan Nobel pun mengundurkan diri. Itu dilakukan sebagai bentuk protes karena belasan juri Nobel lain menolak mengeluarkan Frostenson.

Pengunduran diri belum pernah terjadi di tubuh anggota The Swedish Academy. Mereka dibentuk oleh Raja Gustav III pada 1786 dan dimaksudkan untuk menerima jabatan itu seumur hidup. Jika mengundurkan diri, mereka akan meninggalkan kursi kosong.

Karena pengunduran diri yang baru-baru ini terjadi, Raja Carl XVI Gustaf pun berniat mengganti keputusan terhadap status anggota juri Nobel dan membuat orang baru bisa menggantikan mereka.


The Swedish Academy merupakan lembaga yang bertanggung jawab memilih dan mengumumkan pemenang Nobel setiap kategori. Apa yang melatarbelakangi keputusan mereka memenangkan nama-nama itu, selalu menjadi rahasia selama ini.

Keputusan mereka pernah menjadi pertanyaan saat dua tahun lalu Bob Dylan memenangi Nobel Sastra, padahal ia merupakan musisi.

Sejauh ini sudah enam kali Nobel Sastra tidak diumumkan, namun belum pernah pemenangnya diumumkan secara ganda pada tahun selanjutnya, dikabarkan The Guardian. (rsa)