Beredar Foto Jet Li Sakit Parah, Botak dan Keriput

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Senin, 21/05/2018 19:02 WIB
Beredar Foto Jet Li Sakit Parah, Botak dan Keriput Jet Li dikabarkan sakit keras. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Li Lianjie alias Jet Li dikabarkan sakit parah. Kabar itu beredar luas usai seorang penggemar mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Li dengan rambut tipis ubanan.

Area dahi dan sekitar kelopak matanya pun keriput.

Melansir South China Morning Post, foto yang beredar itu diambil saat Li sedang mengunjungi salah satu kuil di Tibet, China. Banyak warganet terkejut dengan kondisi Li yang terlihat lemah. Padahal ia merupakan aktor laga yang pandai bela diri.



Di setiap film, Li selalu diperlihatkan sebagai karakter yang tangguh.

Namun dikabarkan, sejak tahun lalu Li mengidap penyakit tiroid. Itu diakuinya saat menghadiri sebuah acara amal. Ia didiagnosis mengidap penyakit itu pada 2010 dan mengonsumsi obat sejak saat itu. Namun penyakit itu terus timbul.

Penyakit tiroid merupakan gangguan pada kelenjar tiroid. Itu merupakan kelenjar yang terletak di bagian leher dan berfungsi mengatur sistem metabolisme tubuh.


Penyakit itu menyebabkan perubahan metabolisme tubuh, seperti detak jantung. Diketahui detak jantung Li mencapai 130 detak per menit. Itu lebih cepat dibanding detak jantung normal, 60-100 kali per menit. Li pun tak bisa melakukan pekerjaan berat karenanya.

Beberapa waktu lalu aktor berusia 55 tahun itu sempat mengatakan ia tidak bisa melakukan aktivitas fisik berlebihan karena penyakit tersebut. Pada 2013, dokter memperingatkannya agar tak banyak beradegan laga dalam film, atau dapat berakhir di kursi roda.

"Saya hanya manusia biasa. Saya bukan Wong Fei-hung, bukan Huo Yuanjia [pahlawan kung fu yang ia perankan dalam film]. Saya seperti kalian," kata Li kala itu.


Namun, mengutip South China Morning Post, Li yang menganut ajaran Budha yakin meditasi dapat menyembuhkan penyakitnya. Ia juga membaca kitab suci agar kondisinya stabil.

Film laga yang memamerkan kemampuan karate Li termasuk Fearless, The One, Hero, Shaolin Temple, Lethal Weapon V, sampai The Expendables dan Expendables 2.

Bulan lalu, Li masih diberitakan akan ikut membintangi Mulan versi live-action. Ia akan memerankan kaisar China yang memerintahkan mobilisasi pasukan lewat program wajib militer bagi satu pria dari setiap rumah tangga.


Mulan sendiri rencananya tayang 27 Maret 2020. Produksi akan dimulai pada Agustus mendatang di China dan Selandia Baru.

Pada 2015 lalu, Jet Li sempat mampir ke Indonesia. Saat itu penampilannya masih prima. Rambutnya masih hitam tebal dan wajahnya segar. (rsa/rsa)