Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Kalahkan William-Kate

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 16:50 WIB
Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Kalahkan William-Kate Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle disaksikan 47,2 juta orang AS dan Inggris di televisi. (Dominic Lipinski/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keriuhan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5) lalu telah berhasil melampaui gegap gempita pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, tujuh tahun silam.

Berdasarkan data Nielsen, sekitar 29,2 juta warga Amerika Serikat turut menyaksikan tayangan pernikahan kerajaan yang dilangsungkan di Kastel Windsor, Inggris.

Data itu diperoleh dari jumlah pemirsa yang menonton 15 saluran televisi yang menayangkan upacara pernikahan secara langsung, antara pukul 07.00 hingga 08.00 pagi waktu setempat.



Selain penonton televisi, data Nielsen juga mencatat bahwa ada sekitar 6,9 juta interaksi di media sosial Twitter dan Facebook mengenai Royal Wedding Kerajaan Inggris itu.

Sementara, pernikahan kakak Harry, William dan Middleton pada 2011 hanya ditonton 22,8 juta pemirsa di 11 jaringan TV.

Sebelumnya, sebuah survei yang dilakukan sebelum pernikahan menunjukkan, acara pernikahan itu akan mendapat rating utama, bahkan melebihi William dan Middleton. Sepertiga dari koresponden survei mengklaim mereka cenderung menonton karena Markle adalah orang Amerika.


Menurut CNN, hari besar William dan Middleton memang lebih banyak mencuri perhatian pemirsa di Inggris. Kala itu, lebih dari 24 juta orang Inggris menonton pernikahan mereka, sementara Harry dan Markle hanya ditonton 18 juta pasang mata.

Namun jika digabung, Harry dan Markle masih lebih unggul dengan total penonton 47,2 juta di AS dan Inggris, sementara William dan Middleton hanya mengumpulkan angka 46,8 juta.

Harry dan Markle mengikat janji suci pernikahan di Kapel St. George di Kastel Windsor dengan disaksikan 600 tamu undangan termasuk dari kalangan selebriti seperti Priyanka Chopra, Oprah Winfrey, Idris Elba, George and Amal Clooney, David dan Victoria Beckham, James Corden, Serena Williams, dan lainnya. Keluarga Kerajaan Inggris pun hadir semua.

(rsa)