Pasar Box Office China Salip Amerika Utara Triwulan Awal 2018

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 24/05/2018 08:02 WIB
Pasar Box Office China Salip Amerika Utara Triwulan Awal 2018 Pasar film China tercatat berhasil membukukan pendapatan hingga Rp44 triliun, menyalip Amerika Utara di awal 2018, dan berasal dari film-film lokal. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia -- China kini menyalip Amerika Utara menjadi pasar film terbesar dunia selama triwulan pertama 2018.

Menurut data box office Amerika Serikat dan China, hal ini didorong dari film lokal yang mampu meraih pendapatan besar di pasar film Negeri Tirai Bambu tersebut.

Selama Januari hingga Maret 2018 menurut China Movie Data Information Network, pasar film negara itu berhasil mendapatkan 20,21 miliar yuan yang setara dengan US$3,17 miliar atau sekitar Rp44 triliun.


Sedangkan jurnal perdagangan film Amerika Serikat Variety mengatakan pasar Amerika Utara yang selama ini menjadi pasar film utama industri perfilman dunia meraih US$2,85 miliar atau sekitar Rp40,3 triliun.


Data industri film China mencatat sebesar 75 persen dari pendapatan pasar film negara itu berasal dari karya sineas lokal.

Sebanyak tujuh dari 10 film paling ditonton di negara tersebut merupakan film lokal, dengan lima box office teratas diisi oleh film buatan China.

Film blockbuster bertema militer, Operation Red Sea menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi di China selama triwulan pertama 2018 dengan raihan yuan hingga 3,6 miliar.

Setelah Operation Red Sea, ada pula film karya sineas lokal yang menguasai box office China selama awal 2018, yaitu Detective Chinatown 2 dan Monster Hunt.

[Gambas:Youtube]

Sedangkan film andalan Hollywood seperti Black Panther dan Pacific Rim Uprising memiliki performa cukup baik di pasar film China dengan menempati posisi dua dan tiga pada periode Maret 2018.

Salah satu faktor yang ikut mendorong pendapatan pasar film lokal China selama periode tersebut adalah adanya lonjakan jumlah penonton bioskop yang terjadi pada masa libur Tahun Baru China, Februari lalu.

Raihan pasar film China pada periode awal 2018 ini menunjukkan peningkatan yang berlanjut dari tahun sebelumnya.


Peningkatan pendapatan pasar film China dikabarkan media setempat mulai terjadi pada awal 2017 setelah melambat pada tahun sebelumnya.

Data Badan Urusan Media, Publikasi, Radio, Film, dan Televisi China yang dilaporkan kantor berita Xinhua menunjukkan pendapatan dari tiket bioskop tumbuh 13,45 persen menjadi 55,9 miliar yuan pada 2017.

AFP menyebut Hollywood amat tertarik dengan potensi besar pasar film China ini meskipun Beijing telah menetapkan sederet peraturan ketat untuk membatasi film Barat yang ingin rilis di negara tersebut.

China juga membuat sejumlah kebijakan yang mendorong kinerja film-film lokal, termasuk membatasi penayangan film asing di musim-musim ramai dan memberikan banyak insentif kepada bioskop agar menayangkan film lokal. (end)