Selebriti AS yang Berjasa Jadi Wajah PBB

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 20/06/2018 08:56 WIB
Selebriti AS yang Berjasa Jadi Wajah PBB Angelina Jolie bersama pengungsi di Irak. (REUTERS/UNHCR/Andrew McConnell/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat memutuskan keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Selasa (19/6). Langkah itu diambil, sesuai pengumuman Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, karena PBB dianggap munafik dan melecehkan hak asasi manusia.

Di balik keputusan itu, AS punya segudang selebriti yang selama ini 'digunakan' PBB dan begitu bangga melantangkan suaranya melalui lembaga pemersatu negara-negara dunia itu. Berikut selebriti-selebriti AS yang punya hubungan erat dengan PBB.

Angelina Jolie

Sudah bukan rahasia lagi jika Jolie sering menjadi wajah PBB untuk para pengungsi. Ia didapuk menjadi utusan khusus badan pengungsi PBB sejak April 2012 lalu. Ia biasa datang ke kamp-kamp pengungsian dan berinteraksi dengan penghuninya, termasuk anak-anak.


Baru-baru ini Jolie mengunjungi Mosul, Irak yang porak-poranda setelah ditinggal ISIS.

Di sana sang mantan istri Brad Pitt berseru agar dunia tak melupakan dan tetap membantu Mosul. Jolie juga sering berkunjung dengan pengungsi Suriah di Yordania.

Selena Gomez

Gomez ditunjuk menjadi duta UNICEF, lembaga PBB yang fokus menangani masalah kemanusiaan, terutama ibu dan anak, bahkan sebelum Jolie. Sang penyanyi sudah menjalani peran itu sejak 2009. Ia pun memainkan peranan penting soal itu dengan mengikuti berbagai kegiatan UNICEF.

Laurence Fishburne

Aktor yang bakal muncul di Ant-Man and the Wasp ini ternyata juga merupakan duta UNICEF sejak 1996. Ia mengunjungi banyak lokasi untuk menemui anak-anak dengan HIV/AIDS, korban perang, pengungsi, serta anak mantan pejuang yang orang tuanya tewas di medan perang.
Laurence Fishburne juga menjadi salah satu duta PBB.Laurence Fishburne juga menjadi salah satu duta PBB. (Frederick M. Brown/Getty Images/AFP)
Katy Perry

Sang pelantun Fireworks juga ditunjuk menjadi duta UNICEF, tepatnya sejak Desember 2013. Ia diminta menguatkan kehidupan anak-anak yang rentan dan lemah di banyak negara dunia.

Serena Williams

Petenis Serena Williams ternyata juga duta internasional untuk UNICEF, sejak 2011. Ia diminta mendukung misi UNICEF untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak yang berkekurangan, terutama di negara-negara Afrika dan Asia yang tengah berkembang.
Katy Perry juga membantu PBB, terutama soal anak-anak.Katy Perry juga membantu PBB, terutama soal anak-anak. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Rich Fury)
Shakira

UNICEF sepertinya mengajak begitu banyak selebriti untuk menjadi dutanya. Penyanyi Shakira pun tergabung di dalamnya sejak Oktober 2003. Mengutip keterangan pers PBB saat itu, ia diminta fokus agar anak-anak di dunia mendapatkan pendidikan dasar yang mumpuni.

Joel Madden

Tak hanya aktor atau aktris dengan nama besar yang diminta UNICEF menjadi dutanya. Joel Madden yang dikenal sebagai vokalis dan pentolan grup band pop punk asal Amerika, Good Charlotte pun didapuk membantu UNICEF sejak 2008. Ia punya misi menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan anak-anak dengan mendukung siapa pun untuk donasi ke UNICEF.

Anne Hathaway

Aktris ternama Hollywood kelahiran New York ini diminta menjadi duta PBB untuk perempuan sejak Juni 2016. Tahun lalu, pidatonya pada Hari Perempuan Internasional soal adanya cuti tambahan yang tetap dapat bayaran bagi orang tua untuk mengurus anak, begitu menggugah.
Anne Hathaway didapuk menjadi duta perempuan untuk PBB.Anne Hathaway didapuk menjadi duta perempuan untuk PBB. (REUTERS/Eduardo Munoz)
Leonardo DiCaprio

Perjalanan aktor Titanic ini ke Indonesia beberapa waktu lalu dalam rangka kepeduliannya akan lingkungan hidup. Untuk itulah ia diminta menjadi salah satu pembawa pesan perdamaian dari PBB yang berfokus pada perubahan iklim, sejak September 2014. DiCaprio bahkan pernah memuji Menteri Susi Pudjiastuti dari Indonesia, dalam pidatonya di Konferensi PBB.
(rsa)