Gitaris Radiohead Rilis Karya Musik Berbentuk Partitur

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 01:54 WIB
Gitaris Radiohead Rilis Karya Musik Berbentuk Partitur Gitaris Jonnu Greenwood merilis karya solonya, bukan sebuah album yang berisi melodi, melainkan kumpulan partitur lagunya untuk piano. (AFP PHOTO / VALERIE MACON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gitaris Radiohead, Jonny Greenwood merilis karya musik terbaru bertajuk 88 (No.1). Kabar perilisan itu ia sampaikan lewat akun media sosialnya.

"Musik piano dalam kertas rilis hari ini. Musik itu terinpirasi dari Glen Gould dan mekanisme yang megah dari alat musik itu," kicau Greenwood.




Berbeda dengan karya musik lain, Greenwood merilis karya ini dalam bentuk partitur. Sebagian partitur ia unggah melalui twitter, namun partitur lengkap bisa di dapat melalui situs Faber Music Store.

Deskripsi situs tersebut menjelaskan 88 (No.1) cocok dimainkan untuk pemain level advance dan terbagi menjadi dua tempo permainan, pelan dan cepat.

Sebelumnya karya itu hanya dimainkan oleh pianis tertentu. Untuk pertama kalinya Greenwood merilis 88 (No.1) sehingga dapat dimainkan semua orang.


Di sisi lain, Greenwood saat ini bersama Radiohead tengah menggelar tur Amerika Utara. Tur itu dibuka dengan penampilan di Madison Square Garden, New York, Selasa (10/7) lalu.

Diberitakan NME, sepanjang Juli, jadwal Radiohead akan dipadati rangkaian tur. Mereka akan menutup tur di Wells Fargo Center, Philadelphia, pada Rabu (1/8) mendatang.

Greenwood lahir dengan nama Jonathan Richard Guy Greenwood pada November 1971. Ia menjadi personel terakhir yang bergabung Radiohead pada 1991.

Musisi 46 tahun ini merupakan satu-satunya personel Radiohead yang mempelajari teori musik. Awalnya ia berperan sebagai kibordis dan pemain harmonika, kemudian ia beralih peran sebagai gitaris.

(end)