Shuri 'Black Panther' Bakal Punya Komik Sendiri

AFP , CNN Indonesia | Rabu, 18/07/2018 13:26 WIB
Shuri 'Black Panther' Bakal Punya Komik Sendiri Marvel mengumumkan bakal merilis serial komik terbaru yang mengisahkan adik dari Black Panther, Shuri. ( dok. Marvel Studios)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyusul kesuksesan film Black Panther di bioskop pada tahun ini, Marvel mengumumkan akan membuat sebuah serial komik yang mengisahkan saudari T'Challa, Shuri.

Marvel menyebutkan akan mulai menerbitkan serial lepasan kisah Black Panther tersebut pada Oktober mendatang.

Disebutkan kisah komik tersebut akan berlatar kala Black Panther hilang dalam misinya ke luar angkasa dan memaksa wanita jenius tersebut untuk mengisi kekosongan kekuasaan di Wakanda.


Pihak Marvel tak menampik bahwa salah satu dorongan Shuri dibuatkan kisah lepasannya -walau masih dalam bentuk komik- adalah karena daya pikat karakter tersebut dalam film Black Panther.


"Dunia jatuh cinta dengan Shuri dalam film. Kini, saudari Black Panther yang jenius soal teknologi itu merilis petualangannya sendiri," kata Marvel Comic, mengonfirmasi kabar yang pertama kali diterbitkan oleh Bustle.

Dalam film, karakter Shuri diperankan oleh aktris Inggris-Guyana, Letitia Wright. Upaya Wright menghidupkan karakter Shuri mendapatkan pujian dan sukses menarik perhatian.

Pujian terhadap Letitia Wright itu menambah kredit terhadap Black Panther yang mampu menjadi pendobrak di industri perfilman dunia yang selama ini dianggap dikuasai 'kulit putih'.

Akan tetapi Shuri bukanlah karakter wanita Marvel kulit hitam pertama yang memiliki komik sendiri. Sebelumnya ada Storm, salah satu dari anggota X-Men, yang telah memiliki serial komik selama sedekade terakhir.


Walaupun bukan yang pertama, komik yang didedikasikan untuk karakter wanita berkulit hitam amatlah langka.

Marvel menyebut penulis fiksi ilmiah wanita Nigeria-Amerika Nnedi Okorafor adalah sosok di balik cerita Shuri.

Okorafor disebut telah bekerja untuk Marvel terkait serial dari 'Wakanda' ini. Namun dia sebelumnya lebih fokus pada Dora Milaje, unit pasukan wanita khusus dari Wakanda.

Menurut data Box Office Mojo, film Black Panther telah mengantongi pendapatan lebih dari US$1,34 miliar dan menjadi film kesembilan terlaris sepanjang masa, sedangkan posisi pertamanya diisi oleh 'Avatar' dengan US$2,8 miliar. (end)