Lima Fakta Soal Super Junior, Si Boyband Korea Legendaris

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 17:04 WIB
Lima Fakta Soal Super Junior, Si Boyband Korea Legendaris Tampilnya SUJU bukan hanya menjadi momen nostalgia bagi penggemarnya yang sudah lama tak melihat aksi Siwon cs, tapi juga menarik sebagian penonton untuk mengetahui lebih banyak soal SUJU. ( INASGOC/Wahyudin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malam penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung Minggu (2/9) menjadi momen indah bagi para ELF, alias penggemar Super Junior. Boyband asal Korea Selatan itu menjadi salah satu bintang tamu dalam penutupan ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Tampilnya SUJU bukan hanya menjadi momen nostalgia bagi penggemarnya yang sudah lama tak melihat aksi Siwon cs, tapi juga menarik sebagian penonton awam untuk mengetahui lebih banyak soal SUJU.

SUJU bukan sembarang boyband. Boyband yang memulai debut pada 2005 ini termasuk salah satu grup musisi legendaris di Korea Selatan mengingat kesuksesannya hingga taraf internasional, mengenalkan era baru gelombang budaya Korea atau hallyu, hingga usia grup ini yang sudah 'matang'.


Bagi Anda yang belum mengenal SUJU, beberapa hal bisa diketahui soal boyband yang terkenal dengan lagu 'Sorry Sorry' ini hingga dipilih menjadi utusan Korea Selatan di panggung penutupan Asian Games 2018.


Berkarier Lebih dari 13 tahun

Sejak debutnya pada 2005, SuJu tak henti melampaui batasan industri musik K-Pop, mulai dari debut dengan lagu 'Miracle' pada 2006, hingga meraih ketenaran di album ketiganya dengan Sorry Sorry (2009).

Walau sudah lebih dari satu dekade, boyband ini masih berkarya dan mendorong batas musik K-Pop, seperti single terbarunya berjudul Lo Siento yang berkolaborasi dengan Leslie Grace dan Play-n-Skillz. Lagu itu sukses menembus pasar Amerika Latin di posisi ke-13 grafik Billboard Latin.

Belasan Personel

SUJU memulai karier mereka dengan 12 anggota dengan niat awal setiap tahun akan ada rotasi anggota, keluar karena pensiun dan masuk yang baru. Namun Cho Kyuhyun masuk dan menjadikan formasi awal menjadi 13 orang.

Kemudian Zhou Mi dan Henry Lau bergabung membentuk Super Junior M yang berfokus menyasar pasar musik China, sekaligus grup Korea pertama yang sukses masuk pasar musik negeri tersebut.

Dari 15 orang, seiring dengan berjalannya waktu seperti mundur atau pun karen wajib militer, kini SUJU berisikan delapan orang personel: Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Ryeowook, Siwon, Yesung, dan Heechul.

[Gambas:Youtube]

Aksi SUJU di penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9).Aksi SUJU di penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

Multitalenta

Walaupun terkenal sebagai boyband, Super Junior juga mahir di bidang hiburan lainnya seperti menjadi pembawa acara, menulis musik, hingga penyutradaraan video musik.

Boyband yang dipimpin Leeteuk ini punya acara televisinya sendiri, Super TV, Super Junior Show, dan selusin lainnya.

Karena ketenarannya, SUJU juga tercatat menjadi boyband pertama dari label SM Entertainment yang memiliki label khusus, yaitu Label SJ pada 2015 untuk mengurus seluruh aktivitas solo anggotanya.


Punya 5 Subgrup

Selain Super Junior M, boyband legendaris ini juga punya memiliki subgrup bernama T, H, KRY, dan D&E. T beranggotakan Heechul, Kangin, Eunhyuk, Leeteuk, Shindong, dan Sungmin punya gaya khas Korean Trot.

H yang merupakan kependekan dari Happy, diisi oleh Eunhyuk, Leeteuk, Yesung, Lee Sungmin, Kang-In, Shindong, identik dengan nada bahagia atau bubblegum pop.

D&E yaitu duo Donghae dan Eunhyuk baru-baru ini merilis lagu Bout You awal bulan ini. Subgrup ini yang paling produktif merilis lagu.

Terakhir, K.R.Y yang beranggotakan vokalis terkuat SuJu, Kyuhyun, Ryeowook, and Yesung adalah subgrup yang fokus dengan lagu ballad.

[Gambas:Youtube]

'Superman' K-Pop

SUJU pernah menulis lagu bertajuk Superman (2011) yang menggambarkan perjalanan panjang karier mereka sebagai boyband di industri musik.

Di antaranya, SUJU dikenal sebagai salah satu musisi yang mengenalkan budaya pop Korea ke panggung internasional, berkat Sorry Sorry (2008).

Selain itu, mereka memiliki rangkaian tur yang melintasi berbagai negara di Asia bertajuk Super Show (SS). Hingga kini, SS sudah berlangsung tujuh kali. Itu belum termasuk tur dari masing-masing subgrup.

Walau kini semakin banyak boyband atau girlband Korea yang mampu menapaki panggung internasional, seperti BTS dan BLANKPINK, tapi SUJU akan selalu menjadi kenangan manis dari para Everlasting Fans (ELF) mereka yang kini mayoritas sudah beranjak dewasa.

[Gambas:Youtube] (tsy/end)