Netizen Nilai Ratna Sarumpaet Patut Dapat Piala Oscar

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 11:01 WIB
Netizen Nilai Ratna Sarumpaet Patut Dapat Piala Oscar Atas serangkaian drama, akting, dan kehebohan yang terjadi akibat kebohongan Ratna Sarumpaet, netizen menilai mertua Rio Dewanto itu layak dapat Oscar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengakuan Ratna Sarumpaet bahwa dirinya berbohong soal penganiayaan membuat heboh netizen. Bahkan Ratna meminta maaf dan menyebut dirinya "pencipta hoaks terbaik".

Penduduk dunia maya pun menilai drama dan kehebohan yang muncul karena kebohongan itu membuat Ratna Sarumpaet layak dapat Piala Oscar.

Ratna diketahui bukan dianiaya sehingga bagian matanya bengkak, melainkan melakukan prosedur sedot lemak yang menjadi bagian dari operasi plastik yang dilakukan di RS Bina Estetika, Menteng, Jakarta.


"Tolong beri wanita ini [Ratna Sarumpaet] sebuah piala Oscar. Dia membuat heboh satu negeri dengan aktingnya yang memukau. Ya paling tidak, dia layak mendapatkan sebuah penghargaan atas profesinya kan?" kata akun @enakantidur.





"Dan Oscar diberikan kepada.... Ratna Sarumpaet," kata akun @Ochieeeeee.



"Dan pemenang aktris terbaik jatuh pada.. Ratna Sarumpaet," kata akun @arherm.



"Bila Ratna Sarumpaet berperan jadi Debbie Ocean menggantikan Sandra Bullock sebagai ahli penipu, gue yakin dia bakal dapat Oscar," kata akun @rfreedomgundam.



"Dan Oscar jatuh kepada... Ratu Hoaks," kata akun @angyath.














Sebelumnya Ratna mengakui telah berbohong soal kabar penganiayaan terhadap dirinya yang terjadi di Bandung, Jawa Barat, 21 September 2018.

Dalam jumpa pers yang ia adakan pada Rabu (3/10), Ratna menyampaikan permintaan maaf kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang sebelumnya telah menyelenggarakan jumpa media dan membela Ratna serta menyebut telah terjadi pelanggaran HAM. Bukan cuma Prabowo, Wakil Ketua DPR Fadli Zon pun membela Ratna 'habis-habisan' di dunia maya.

"Kali ini saya pencipta hoaks terbaik ternyata, menghebohkan semua negeri. Mari kita ambil pelajaran dan bangsa kita ini dalam keadaan tidak baik, seperti yang saya lakukan ini mari kita hentikan," kata Ratna saat konferensi pers di bilangan Tebet, Jakarta, Rabu (3/10).

Ratna Sarumpaet sempat menangis kala mengakui kebohongannya.Ratna Sarumpaet (tengah) sempat menangis kala mengakui kebohongannya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

"Melalui forum ini saya dengan sangat memohon maaf pada Pak Prabowo Subianto yang dengan tulus membela saya. Membela kebohongan yang saya buat," kata Ratna.

Tak hanya kepada Prabowo, Ratna juga menyampaikan permohonan maaf kepada mantan Ketua MPR Amien Rais yang dianggpanya turut mempercayai kebohongannya.

Ratna kemudian meminta maaf kepada kelompok emak-emak yang selalu mendukung setiap perjuangannya.

"Saya juga minta maaf pada emak-emak yang selalu menyebut saya dalam perjuangannya. Aku tahu kalian kecewa, tapi begitulah hidup," kata Ratna.


Sebelum netizen menilai Ratna Sarumpaet layak mendapatkan Oscar, aktor Rio Dewanto mendapatkan banyak simpati dari warganet. Rio resmi menjadi menantu Ratna sejak menikah dengan Atiqah Hasiholan pada 2013 lalu.

"Rio Dewanto. Kalau sudah ngga kuat punya mertua RS. Ada kakak disini ya," kata akun @mamaoompaloompa.







[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Polisi menyebut wajah lebam Ratna Sarumpaet disebabkan operasi plastik bukan karena dianiaya seperti yang beredar selama ini. Penyelidikan melibatkan dua Polda yakni Jawa Barat dan Metro Jaya. Dokumen hasil penyelidikan tersebut beredar di tengah-tengah publik.

Hasil penyelidikan Polda Metro Jaya menguatkan penyelidikan Polda Jabar tentang kasus Ratna Sarumpaet. Pertama dari nomor telepon seluler Ratna yang dinyatakan aktif di Jakarta, bukan di Bandung pada tanggal 20-24 September 2018.

Sementara dari pengecekan rekening Ratna dan anaknya ada tiga kali dana keluar yang didebet di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika masing-masing sebesar Rp25 juta pada tanggal 20 September 2018, Rp25 juta pada tanggal 21 September, dan Rp40 juta pada tanggal 24 September 2018.

Polisi juga sudah meminta keterangan ke RS Bina Estetika dan diperoleh keterangan bahwa Ratna Sarumpaet menjadi pasien di rumah sakit tersebut pada tanggal 20, 21 dan 24 September 2018. (end)