Kaleidoskop 2018

5 Video Musik Lokal Terbaik 2018 versi CNNIndonesia.com

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 18:06 WIB
5 Video Musik Lokal Terbaik 2018 versi CNNIndonesia.com Seringai tampil tangguh dalam video musik 'Adrenalin Merusuh'. (Foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun 2018 diwarnai dengan banyak video musik musisi Indonesia dari berbagai genre. Mulau dari genre metal, pop sampai rock.

CNNIndonesia.com memilih lima video musik terbaik yang rilis sepanjang tahun 2018. Berikut lima video musik terbaik.


1. Seringai - Adrenalin Merusuh


Pantas rasanya memberikan predikat video musik terbaik kepada video musik lagu Adrenalin Merusuh milik Seringai. Dalam video yang disutradarai drummer Edy Khemos ini Seringai diceritakan tampil dalam sebuah apartemen yang dikunjungi cukup banyak orang. Permainan musik mereka mengganggu penghuni apartemen lain, yaitu karakter yang diperankan Iko Uwais.

"Biaya produksi video musik ini mahal banget, bahkan mengalahkan semua biaya produksi album Seperti Api. Sewa helm penyelam aja Rp 5 juta," kata manajer Seringai Wendi Putranto kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Lagu Adrenalin Merusuh bercerita tentang renjana personel Seringai pada musik. Walau lelah bermusik, seperti latihan sampai malam hari dan bangun pagi hari untuk berpergian, mereka tidak mengeluh.

[Gambas:Youtube]


2. The Upstairs - Semburat Silang Warna

Setelah tak merilis lagu dalam waktu yang cukup lama, The Upstairs merilis video musik lagu Semburat Silang Warna, September lalu. Video musik berdurasi empat menit lebih itu digarap disutradarai Dian Tamara dan diproduseri oleh Toma Kako.

Vokalis Jimi Multhazam menulis lirik lagu itu setelah melihat gambar anaknya, Pijar, yang penuh warna. Dalam wawancara bersama Soleh Solihun, Jimi memindai 250 gambar Pijar dan Dafa, anak basis Fisma, untuk kebutuhan video musik.

Konsep itu berubah ketika Jimi bertemu dengan Toma Kako. Roller skate, film laga Jepang tahun 80an dan arkade adalah hal yang terbayangkan oleh Toma Kako setelah mendengar lagu Semburat Silang Warna.

Dalam video terlihat empat personel The Upstairs melawan pasukan berbaju loreng serupa tentara. Seketika mereka yang hidup dalam bentuk pixel muncul ke dunia nyata menjadi manusia.

[Gambas:Youtube]

3. Polka Wars - Rekam Jejak

Polka Wars kembali memproduksi video musik apik setelah tahun lalu merilis video musik lagu Rangkum. Juli lalu mereka merilis video musik lagu Rekam Jejak yang disutradarai Agung Pambudi.

Dalam video berdurasi tiga setengah menit itu diperlihatkan seorang yang sedang disiksa, diselang penampilan personel Polka Wars memainkan alat musik. Nuansa kelam sangat terasa dalam video musik ini, terlebih ketika ditampilkan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di masa lalu Indonesia. Video tersebut terasa sangat padu dengan lagu Rekam Jejak yang bercerita tentang korban pelanggaran HAM. 

[Gambas:Youtube]


4. Danilla - Dari Sebuah Mimpi Buruk

Untuk kali pertama Danilla menari dalam video musik lagu Dari Sebuah Mimpi Buruk. Walau awalnya tidak percaya diri, akhirnya ia memberanikan menari karena sudah ingin sejak lama.

Lekuk tubuh dan wajah Danilla nampak sangat sendu dalam video musik yang disutradarai oleh Nitya Putrini itu. Warna putih yang dominan membuat video musik berdurasi empat menit lebih ini semakin

Rasanya tenggelam dalam lagu Danilla saat menonton video musik itu dengan suara kencang menggunakan earphone. Seperti ikut merasakan 'mimpi buruk' yang dirasakan oleh musisi kelahiran tahun 1990 ini.

[Gambas:Youtube]

5. Kunto Aji - Topik Semalam

Solois Kunto Aji bekerja sama dengan seniman visual Yusuf Ismail yang dikenal dengan nama Fluxcup untuk membuat video musik Topik Semalam. Orang yang sering berselancar di YouTube pasti kenal tingkah laku Fluxcup seperti apa.

Video musik itu menampilkan Aji sebagai target sasaran lempar pisau yang diikat pada sebuah papan. Sementara Rendha Rais menjadi orang yang melemparkan berbagai macam alat ke Aji. Fluxcup mengaku bahwa Aji pun tak tahu-menahu soal konsep video tersebut. Terpisah antara jarak Jakarta-Bandung membuat ia sulit membahas konsep video dengan Aji.

"Ketemuan sekali sama tim Aji, selanjutnya semua by email. Dan saya nggak kasih tahu Aji ending videonya bakal kayak gimana. Sengaja saya keep karena Aji bilang dia suka kejutan," ujar Fluxcup kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Memang video itu terasa absurd, terlebih pada bagian akhir. Namun sebenarnya banyak makna terselubung dalam video berdurasi enam setengah menit itu.

Lagu Topik Semalam sendiri Aji tulis berdasarkan pengalaman pribadi saat masih berpacaran dengan Dewi Syariati. Perempuan yang kini menjadi istri Aji itu sempat mengultimatum dengan kalimat 'kalau serius kita menikah, kalau enggak sudahi saja'.

"Nah, saya menghadirkan ketakutan-ketakutan yang dilontarkan Rendha dengan analogi perabotan rumah tangga, yang sudah sangat jelas ini merupakan drama yang mereka hadapi," kata Fluxcup.

[Gambas:Youtube] (adp/rea)