'Roma' Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globe Awards 2019

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 10:10 WIB
'Roma' Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globe Awards 2019 Film garapan Alfonso Cuaron, 'Roma' berhasil membawa pulang Best Foreign Language Film dalam ajang Golden Globe Awards 2019, Senin (7/1). (Courtesy of Carlos Somonte/Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film garapan Alfonso Cuaron, Roma berhasil membawa pulang Best Foreign Language Film dalam ajang Golden Globe Awards 2019 yang diselenggarakan di Beverly Hilton, California, Senin (7/1).

"Terima kasih banyak untuk Hollywood Foreign Press," kata Cuaron kala menerima piala Golden Globe.




Dalam pidato kemenangannya, Cuaron menyinggung soal peran film dalam merayakan perbedaan budaya. Selain itu, ia juga memberikan kemenangannya atas semua pemain dan kru yang bermain dalam film yang dibuat dari kenangan masa kecilnya itu.

Roma mengalahkan empat film berbahasa asing lainnya, yaitu 'Capernaum' - Libanon, 'Girl' - Belgia, 'Never Look Away' - Jerman, dan 'Shoplifters' - Jepang.

Kemenangan Roma ini menjadi kemenangan pertama Cuaron membawa pulang piala Golden Globe untuk kategori Foreign Language.


Sebelumnya pada 2002, Cuaron pernah mendapat nominasi Golden Globe melalui karyanya yang juga berbahasa Spanyol, 'Y Tu Mama Tambien'.

"Saya sangat bahagia soal hal tersebut [nominasi] tapi saya juga sangat bahagia karena ini film Meksiko dan berbahasa Spanyol," kata Cuaron kala berbincang dengan CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

"Jadi saya juga sangat bahagia karena Golden Globe merayakan keberagaman dalam film dari budaya yang jauh berbeda dari mereka," lanjutnya.

Roma mengisahkan perjalanan seorang pekerja domestik bernama Cleodegaria Gutiérrez, atau yang biasa disebut Cleo (Yalitza Aparicio). Dirinya kerja dan tinggal bersama sebuah keluarga yang mengalami masalah rumah tangga.


Nyonya majikannya yang bernama Sofia harus menghadapi kelakuan sang suami, Antonio, yang jarang pulang dan pemarah. Hingga suatu kali, Sofia menyadari Antonio memiliki wanita simpanan.

Cleo bukan hanya harus menghadapi kondisi emosional majikannya yang berantakan sembari mengurus empat anak-anaknya dan rumah yang besar, tetapi juga cerita cintanya yang nelangsa.

Jatuh cinta pada pemuda bernama Fermin hingga menghasilkan jabang bayi dikira Cleo awalnya adalah berkat. Hingga kemudian, Fermin tak mau mengakui anak itu dan meninggalkannya sebagai beban bagi Cleo.

[Gambas:Youtube] (end)